BPBD Jateng bakal Bangun 100 Huntara untuk Korban Bencana di Sulteng

Budi Arista Romadhoni 06 Oktober 2018 10:04 WIB
Gempa Donggala
BPBD Jateng bakal Bangun 100 Huntara untuk Korban Bencana di Sulteng
Relawan Jateng yang berangkat ke Sulteng bersiap di Kantor Gubernur Jawa Tengah, Sabtu 6 Oktober 2018.
Semarang: Bala bantuan untuk korban bencana Gempa Bumi Sulawesi Tengah dari Pemerintah Jawa Tengah mulai diberangkatkan Sabtu, 6 Oktober 2018. Pemerintah Jawa Tengah berencana akan membangun sekitar 100  hunian sementara (huntara) untuk para pengungsi.

Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Jateng Sarwa Pramana mengungkapkan huntara tersebut merupakan bantuan dari Bank Jateng dan Korpri. Ia menyebut, setiap bangunan huntara yang dibuatkan untuk pengungsi nantinya berukuran 6x4 meter. 

"Dilengkapi dengan (fasilitas) MCK dan penerangannya termasuk nanti di Dalamnya lengkap. Itu bantuan dari Bank Jateng dan Korpri," Katanya sebelum pemberangkatan relawan dan bantuan di Kantor Gubernur Semarang, Sabtu 6 Oktober 2018. 


Menurutnya, pembangunan huntara sifatnya sangat mendesak. Meski jumlah pengungsi pindah ke luar kota cukup banyak, tapi tidak sedikit pula yang belum kebagian tenda pengungsian. 

Kemudian mereka juga ketakutan saat tinggal di dalam rumah, dikarenakan kondisi bangunan yang sudah tidak prima. Apalagi jika terjadi guncangan gempa gempa susulan yang tidak bisa diprediksi. 

Selain itu, ada pertimbangan lain pembangunan huntara harus dilakukan, yakni musim penghujan yang diperkirakan datang dalam waktu dekat, sehingga pengungsi bisa mendapat perlindungan.

"Harapannya nanti huntara ini nanti bisa satu kampung. Seratus rumah berarti seratus KK," terangnya. 



(ALB)

Dapatkan berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

Powered by Medcom.id