David Setya Pambudi, pembuat kostum jagoan super warga Kudus, Jawa Tengah. Medcom.id/Rhobi Shani
David Setya Pambudi, pembuat kostum jagoan super warga Kudus, Jawa Tengah. Medcom.id/Rhobi Shani (Rhobi Shani)

Pembuat Kostum Jagoan Super yang Mendunia

umkm kisah inspiratif
Rhobi Shani • 07 Februari 2019 13:09
Jepara: David Setya Pambudi merupakan seorang pembuat kostum jagoan super yang berangkat dari hobi. Peminat kostum buatan David tidak hanya dari dalam negeri. Kostum buatannya sudah samapi Malaysia, Filipina, Inggris, Kanada, Brasil, dan Amerika Serikat.
 
David memasarkan kostum buatannya melalui jejaring media sosial. Setiap kostum harganya cukup fantastis. Mulai dari Rp 1,5 juta sampai Rp7 juta untuk pasar domestik. Pemesan dari luar negeri dipatoknya USD 300 sampai USD 800 per kostum.
 
“Harganya tergantung dari kerumitannya. Untuk yang paling gampang, proses pembuatannya sampai dua minggu sedangkan yang rumit sampai berbulan-bulan,” kata pemuda berkacamata itu.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


David juga sempat meraba-raba pasar mancanegara. Dia pernah diangggap tidak serius karena mematok harga USD 100 sampai USD 150 di awal berjualan. Bagi David nilai tersebut sudah cukup besar, namun ditertawai pelanggannya karena dinilai terlampau murah.
 
“Malah dikira saya tidak sungguhan. Harganya terlalu murah, dan harganya katanya sama dengan harga burger,” kenang David.
 
Bahan baku sederhana
 
Bahan baku yang dibutuhkan mudah didapatkan. David hanya butuh busa eva foam, kain spandek atau kain drill. Untuk bahan yang lebih mahal, David membuat kostum dari resin. Dia jarang mengeksplorasi bahan baku lain karena harganya terlalu mahal untuk pasar lokal.
 
“Untuk karakter superhero satu helm saja harganya sampai Rp 4 juta,” ucap David.
 
Setiap bulan, dia mampu menjual tiga kostum jagoan super. Pengalaman menjual kostum ini pernah ditemuinya saat menawarkan harga kepada pembeli luar negeri.
 
Kini dia sudah dibantu oleh empat orang. Mereka dianggap sebagai kawan, bukan pekerja. Sebab, kedatangan empat orang itu semula hanya untuk belajar membuat kostum, juga memiliki hobi yang sama, suka dengan karakter jagoan super.
 
Pembuat Kostum Jagoan Super yang Mendunia
Kostum jagoan super karya David, warga Kabupaten Kudus. Medcom.id/Rhobi Shani
 

 
 

(SUR)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif