Kuliner khas Jepara, Jawa Tengah, Pindang Serani. Medcom.id/ Rhobi Shani.
Kuliner khas Jepara, Jawa Tengah, Pindang Serani. Medcom.id/ Rhobi Shani. (Rhobi Shani)

Kuliner Pindang Serani Diciptakan oleh Nelayan

kuliner
Rhobi Shani • 06 Juni 2019 14:51
Jepara: Pindang Serani merupakan salah satu kuliner khas Kabupaten Jepara, Jawa Tengah. Masakan berbahan dasar ikan laut segar ini diolah dengan beragam jenis bumbu dan rempah. Ikan yang digunakan pada umumnya ikan kakap putih atau merah.
 
Koki restoran Diana’s Bay, Robiul Wahyudi menceritakan masakan pindang serani mulanya diciptakan nelayan di wilayah pesisir Jepara. Resep pindang serani tercipta lantaran ikan hasil tangkapan nelayan tidak laku dijual.
 
"Kalau ceritanya dulu, ikan pindang yang didapatkan nelayan kan tidak laku, kemudian diolah sendiri dengan bumbu-bumbu seadanya. Jadilah menu pindang serani," ujar koki yang biasa disapa Yudi, Kamis, 6 Juni 2019.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Seiring berjalannya waktu, pindang serani yang hanya menggunakan bumbu sederhana seperti cabai, bawang merah, dan bawang putih, kini ditambah dengan dengan bumbu-bumbu lain. Itu seperti asam Jawa, gula pasir, jeruk nipis, kunyit, dan daun jeruk. Bumbu-bumbu tambahan itu menyempurnakan bumbu nelayan.
 
"Air perasan jeruk untuk mengurangi bau amis ikan," jelas Yudi.
 
Pindang serani bisa memakai jenis ikan laut apa saja. Namun, jenis kakap dinilai paling cocok. Karena tekstur dagingnya yang cenderung kenyal dan tidak terlalu amis.
 
"Atau ikan badong juga enak," ungkap Yudi.
 
Bagi yang ingin mencoba sendiri membuat pindang serani, Yudi pun tidak pelit berbagi resep. Pertama, ikan dicuci bersih sembari menunggu air mendidih. Bumbu yang dibutuhkan cabai, bawang merah, bawang putih, jeruk nipis, serai, kunyit, tomat atau asam Jawa.
 
"Setelah air mendidih, ikan dimasukan bersamaan dengan bumbu-bumbu tunggu beberapa menit," beber Yudi.
 
Menejer Operasional Diana’s Bay, Ari Fajar menyampaikan saat musim libur Lebaran permintaan pindang serani dari pengunjung naik. Tidak hanya orangtua, generasi muda juga banyak yang memesan.
 
"Tapi paling banyak ibu-ibu. Pindang serani ini memang cocok buat makan ramai-ramai dengan keluarga. Kalau hari-hari biasa bisa menghabiskan 200 ekor ikan kakap putih segar, kalau Lebaran bisa sampai 400 ekor," ujar Ari.
 
Berkait harga, bergantung besar atau kecilnya ikan dalam setiap porsi. Rerata harga pindang serani tiap porsi berisi satu ikan kakap putih mulai Rp60 ribu hingga Rp90 ribu.
 
Pada musim libur Lebaran seperti sekarang, dikatakan Ari, pengunjung yang memesan pindang serani didominasi warga Jepara yang sedang menikmati mudik Lebaran. Pengunjung datang bersama anggota keluarga lainnya. Selain pindang serani, aneka masakan hasil laut lainnya juga banyak diminati pengunjung.
 

(DEN)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif