Jembatan Tuntang yang menjadi akses utama dari arah Semarang menuju Demak, Medcom.id - Rhobi Shani
Jembatan Tuntang yang menjadi akses utama dari arah Semarang menuju Demak, Medcom.id - Rhobi Shani (Rhobi Shani)

Jembatan Penghubung Semarang-Demak Ditutup Besok

jembatan
Rhobi Shani • 06 September 2018 19:55
Demak: Jembatan Kali Tuntang yang menghubungkan Semarang dengan Demak, Jawa Tengah, diperbaiki pada Jumat, 7 September 2018. Polisi pun menyampaikan potensi macet di lintasan tersebut.
 
Jembatan itu menjadi penghubung Semarang dengan kota-kota di kawasan timur Jateng. Warga biasa melintasi jembatan dari arah Semarang menuju Jepara, Kudus, Pati, dan Rembang, begitupun sebaliknya.
 
Kepala Satlantas Polres Demak AKP Christian Chrisye Lolowang mengatakan perbaikan jembatan menghambat arus lalu lintas di jalur pantai utara Pulau Jawa kawasan Demak. Sebab, selama proses pekerjaan yang dimulai besok, jalur akan ditutup total dari yang arah timur.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Penutupan akses jembatan dapat mengakibatkan penumpukan kendaraan," kata Christian di Jepara, Kamis, 6 September 2018.
 
Ia memprediksi kemacetan terjadi pada pagi dan sore hingga malam. Bisa jadi, antrean kendaraan terjadi hingga sepanjang 5 kilometer.
 
Untuk itu, kata Christian, polisi akan menerapkan sistem contra flow di titik-titik sebelum jembatan. Kendaraan berukuran kecil dialihkan ke jalur lain. Sedangkan kendaraan bertonase berat melewati jalur Pantura secara bergantian.
 
Adapun jalur alternatif untuk kendaraan kecil dan pribadi dari arah timur yaitu Pasar Gajah-Dempet-Mranggen-Semarang. Dari arah yang sama juga dapat melewati Jalur Lingkar-Dempet-Kebonagung-Mranggen-Semarang.
 
Sebaliknya, Crhistian melanjutkan, dari barat ke timur dapat melewati Genuk-Mranggen-Dempet-Gajah dan Karanganyar, atau bisa juga Sayung-Mranggen-Dempet.
 
“Jarak tempuh Jalur alternatif memang cukup jauh karena memang posisi jembatan juga jauh dari jalur-jalur alternatif. Tapi kami sudah menyiapkan demi kelancaran arus lalu lintas,” terang Christian.
 
Koordinator Pelaksana Proyek Perbaikan Jembatan, Suroso menyampaikan, perbaikan jembatan dilakukan untuk mengganti plat jembatan atau besi penyangga di bagian bawah. Badan jembatan 6x9 meter akan dibongkar.
 
“Perbaikan untuk mengganti plat karena plat tersebut sudah rapuh dan dapat merusak aspal atau beton,” ungkap Suroso.
 
Suroso menambahkan, proses perbaikan membutuhkan waktu lebih kurang tiga pekan. Anggaran perbaikan mencapai Rp300 juta lebih. “Ya sekitar tiga minggu. Targetnya akhir September sudah selesai,” pungkas Suroso.
 

(RRN)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif