Jateng Siapkan Rp6 Miliar untuk <i>Sportourism</i> Gunung Telomoyo
Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo saat menyaksikan 4th Gantole Telomoyo Cup 2018, Semarang, Jawa Tengah, Kamis, 13 September 2018.
Semarang: Pemerintah Provinsi Jawa Tengah siap mengucurkan dana Rp6 miliar untuk biaya pengembangan wisata olahraga (sportourisme) di kawasan puncak Gunung Telomoyo. Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo menyebut panorama puncak Telomoyo yang mampu memicu adrenalin tidak kalah bagus dari sportourism di Bali.

"Tinggal kabupaten mengajukan, dananya sudah siap. Sebenarnya pembangunan jalan ini dilakukan tahun lalu. Tapi pengajuannya dari kabupaten ke provinsi yang belum. Cuma sekitar Rp6 miliar," kata Ganjar saat menyaksikan 4th Gantole Telomoyo Cup 2018, Semarang, Jawa Tengah, Kamis, 13 September 2018.

Gunung Telomoyo masuk  di wilayah Kabupaten Semarang, Kabupaten Magelang, dan Kota Salatiga. Ganjar menegaskan komitmennya untuk membantu pembangunan infrastruktur ke kawasan Gunung Telomoyo.


Gantole Telomoyo Cup yang digelar setiap tahun memang menjadi rujukan pecinta olahraga yang memacu adrenalin tersebut. Sekretaris Jenderal Federasi Aero Sport Indonesia, Cepi Nasution, menyatakan pilot luar negeri pun banyak yang merekomendasikan puncak Telomoyo sebagai tempat diselenggarakannya olahraga Gantole.

"Beberapa negara dari Asia dan Eropa, pilotnya sangat suka tempat ini. Makanya tahun depan kami agendakan ajang internasional," ujar Cepi.

Namun, Cepi menilai infrastruktur menuju Gunung Telomoyo harus memadai sebelum menggelar kompetisi berskala internasional. Cepi mengeluhkan kondisi jalan banyak yang sudah rusak.

"Kalau mau kejuaraan dunia harus diperbaiki. Jalan, tempat landing, dan toilet. Agar tempat ini jadi trademark. Orang luar suka jika masuk desa-desa kayak gini," ungkap Cepi.



 



(SUR)

Dapatkan berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

Powered by Medcom.id