Kepala Pelaksana BPBD Bantul, Dwi Daryanto. Medcom.id/Ahmad Mustaqim
Kepala Pelaksana BPBD Bantul, Dwi Daryanto. Medcom.id/Ahmad Mustaqim (Ahmad Mustaqim)

Relokasi Warga Imogiri Lihat Status Kepemilikan Tanah

bencana longsor bencana banjir
Ahmad Mustaqim • 19 Maret 2019 22:32
Bantul: BPBD Kabupaten Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta mempertimbangkan relokasi warga yang tinggal di RT 2 Dusun Kedung Buweng, Desa Wukirsari, Kecamatan Imogiri, Kabupaten Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta. Sejumlah rumah di lokasi itu berada di lokasi rawan longsor.
 
Kepala Pelaksana BPBD Bantul, Dwi Daryanto mengatakan sudah berkomunikasi dengan sejumlah warga. Pihaknya akan memastikan status kepemilikan lahan yang ditempati warga.
 
"Apakah tanah magersari, Sultan Ground atau hak milik masyarakat. Ini kami cari tahu dulu sebelum bertindak," ujarnya di Dusun Kedung Buweng pada Selasa, 19 Maret 2019.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Kawasan tersebut masuk lokasi wisata religi karena terdapat makam raja-raja Yogyakarta di Desa Wukirsari, Kecamatan Imogiri. Sri Sultan Hamengku Buwono IX juga dimakamkan di sana.
 
"Masyarakat ini kan sudah tinggal lama. Kalau bersedia kita akan relokasi," kata dia.
 
Masyarakat yang terkena dampak maupun di daerah rawan longsor harus direlokasi. Hal ini diperlukan supaya kejadian serupa tak kejadian lagi.
 
Dua rumah di RT 2 Dusun Kedung Buweng, ada dua rumah yang sudah terdampak longsor. Sementara, ada sebanyak tiga rumah di bawahnya terancam longsor susulan. Sedangkan, ada dua rumah di timur lokasi longsor berada tepat di bawah perbukitan.
 
"Jumlah persisnya (rumah) belum dapat data yang komplet. Perlu identifikasi daerah mana saja rumah terdampak," ujarnya.
 
Ia mengatakan akan meminta bantuan Badan Geologi di Bandung untuk melakukan kajian kondisi tanah di lokasi tersebut. Ia berharap, kajian itu bisa membantu dalam antisipasi bencana longsor.
 
"Sehingga dengan dasar kajian itu akan menyampaikan ke masyarakat. Langkahnya seperti ini. Solusinya seperti ini," ucapnya.
 

(SUR)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif