Warga Tegal Adu Inovasi Teknologi Tepat Guna

Kuntoro Tayubi 02 November 2018 16:14 WIB
inovasi
Warga Tegal Adu Inovasi Teknologi Tepat Guna
Suasana acara Gelar Teknologi Tepat Guna (TTG) Kota Tegal tahun 2018, yang digelar di Area Parkir Rita Supermall, Jumat, 2 Nopember 2018. Medcom.id /Kuntoro Tayubi
Tegal: Warung Teknologi Kelurahan (Wartekkel) Se-Kota Tegal, Jawa Tengah, beradu inovasi pada acara Gelar Teknologi Tepat Guna (TTG) Kota Tegal 2018. Beragam inovasi teknologi hadir.

Salah satunya, kompor berbahan bakar oli bekas inovasi Kelurahan Tegal Sari. Inovasi ini menarik perhatian Wali Kota Tegal, M Nursholeh yang meninjau lokasi kegiatan.

Produk ini diklaim lebih irit dibanding menggunakan bahan bakar minyak atau gas. Wartekkel Kelurahan Keturen juga menampilkan kompora alternatif dan proses pembuatan BBM dari limbah plastik. Kompor tersebut bisa menjadi  alternatif masyarakat saat kelangkaan gas.


Sedangkan Wartekkel dari kelurahan Randugunting menampilkan alat sensor pencuri dan alat deteksi ketinggian air. Setelah dinyalakan, maka saat alat tersebut mendeteksi orang melalui sensor alarm.

Wali Kota Tegal, M Nursholeh menyampaikan bahwa potensi ekonomi kota Tegal memang besar jika dikelola dengan baik. Ia menyampaikan beberapa produk unggulan telah menjadi produk dalam dan luar negeri seperti logam, batik, tenun, shuttlecock , kerajinan, makanan olahan, dan telur itik.

"Produk baru yang dikembangkan masyarakat, seperti yang dipamerkan Wartekkel masing-masing kelurahan perlu kita angkat. Ini untuk mendorong pengrajin industri kecil dalam mengembangkan pasarnya," ujar Nursholeh.

Kepala Dinas Tenaga Kerja dan Perindustrian Redemtus Heru Setyawan menyebut gelaran TTG tersebut bertujuan mendorong pengembangan teknologi sesuai kebutuhan masyarakat. Produk yang hadir juga ramah lingkungan dab mudah diaplikasikan karena memberi nilai tambah ekonomi.

"Selain mendekatkan akses pelaku Industri Kecil menengah (IKM) kepada masyarakat dalam  mengenalkan dan memasarkan produk-produk IKM, saya berharap beragam alat yang ditampilkan oleh masing-masing Wartekkel benar-benar dapat bermanfaat bagi para pelaku IKM, " katanya.

Ia mengaku, alat yang mudah dioperasikan dan harganya terjangkau ini akan direkomendasikan untuk dibeli dan dimanfaatkan oleh para pelaku IKM.


 



(SUR)

Dapatkan berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

Powered by Medcom.id