Ramp Check Digencarkan Jelang Mudik Lebaran
Kementerian Perhubungan (Kemenhub) melakukan ramp check (pengecekan lapangan) angkutan umum. (Medcom.id/Pythag K)
Solo: Jelang mudik Lebaran 2018, Kementerian Perhubungan (Kemenhub) melakukan rampcheck (pengecekan lapangan) angkutan umum. Rampcheck dilakukan di Terminal Tirtonadi Solo, Jawa Tengah, pada Kamis, 3 Mei 2018.

Pantauan Medcom.id, tim Kemenhub bersama tim dari Terminal Tirtonadi memeriksa bus yang datang di area terminal. Pemeriksaan meliputi ban, wiper, kaca, rem, bagian fisik lainnya serta surat kelengkapan.

Direktur Lalu Lintas Ditjen Perhubungan Darat Kementerian Perhubungan (Kemenhub) Pandu Yunianto mengemukakan pengecekan dilakukan untuk memastikan kendaraan yang digunakan untuk angkutan lebaran benar-benar laik jalan. 


"Tujuannya jangan sampai kendaraan angkutan umum mengalami kecelakaan pada saat mudik nanti," kata Pandu di Terminal Tirtonadi Solo, Kamis, 3 Mei 2018.

Pandu mengatakan, jika kendaraan tidak memenuhi syarat kelaikan, maka sanksi akan diberikan. "Sesuai dengan undang-undang, mulai dari tilang hingga tidak diperbolehkan beroperasi," beber dia.

Koordinator Terminal Tipe A Tirtonadi Joko Supriyanto mengaku pengecekan kelaikan kendaraan umum merupakan rutinitas petugas terminal. Namun, menjelang mudik Lebaran, intensitas rampcheck ditingkatkan.

"Bahkan malam hari pun kita maksimalkan," jelas Joko.

Sebab, jumlah kendaraan umum menjelang Lebaran akan bertambah sesuai permintaan masyarakat. Rata-rata dalam sehari pihaknya mengecek hingga 60 bus. Sedangkan dalam sepekan, lebih kurang 420 bus yang diperiksa petugas.

Ia mengklaim, rutinnya rampcheck membuat pelanggaran menurun. Hal ini juga ditunjang meningkatnya kesadaran perusahaan otobus untuk melengkapi persyaratan kelaikan.




(LDS)