ilustrasi medcom.id/ Muhammad Rizal.
ilustrasi medcom.id/ Muhammad Rizal. (Antara)

Polres Bantul Siagakan Ratusan Personel Amankan Mudik

Mudik Lebaran 2019
Antara • 25 Mei 2019 12:07
Bantul: Kepolisian Resor Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta, akan menerjunkan minimal 450 personel selama Operasi Ketupat Progo dalam rangka pengamanan arus mudik dan balik Idul Fitri 1440 Hijriah. Mereka akan disiagakan di sejumlah ruas jalan atau pusat keramaian.
 
"Dalam pengamanan Operasi Ketupat 2019 kita bersinergi dan yang jelas dari kita untuk operasi keselamatan yang diterjunkan adalah 450 personel dari Polri," kata Kapolres Bantul AKBP Sahat Marisi Hasibuan di Bantul, Sabtu, 25 Mei 2019.
 
Sahat menjelaskan personel yang dilibatkan dalam pengamanan Lebaran 2019 bisa ditambah jumlahnya. Pihaknya mendapat bantuan pengamanan dari institusi lain, organisasi masyarakat dan relawan.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Tetapi pasti akan kita lebihkan, untuk personel Polri saya minta sekitar 700
sampai 800 personel, belum lagi dibantu teman-teman dari TNI maupun dari instansi lain seperti Dinas Perhubungan (Dishub) dan ormas," jelas Sahat. 
 
Menurut Sahat, ada juga sejumlah relawan yang siap membantu pengamanan selama mudik dan arus balik di wilayah Bantul. "Kita menyiapkan ambulans dan posko. Artinya masyarakat Bantul bisa bersama untuk menjaga kondusivitas khususnya selama pelaksanaan Operasi Ketupat," beber Sahat.
 
Ratusan personel yang diterjunkan tersebut akan disiagakan di semua Pos Pengamanan dan Pos Pelayanan serta pos pantau arus mudik lainnya yang akan didirikan di wilayah Bantul selama dua minggu sejak 29 Mei sampai 10 Juni 2019.
 
Menurut Sahat, ada lima Pos Pengamanan (Pospam) Lebaran yang didirikan diantaranya Pospam Sedayu, Pospam Piyungan, Pospam Ketandan (simpang empat Jalan Wonosari), Pospam Druwo (simpang empat Jalan lingkar selatan), kemudian Pos Pelayanan di Bundaran Srandakan.
 
"Baik Pospam maupun Pos Pelayanan itu sinergi dari Dinkes (Dinas
Kesehatan), kemudian dibantu dari ormas Paksikaton. Jadi intinya kita ingin
memberikan keamanan dan kenyamanan masyarakat yang akan mudik ke wilayah Bantul," pungkas Sahat.
 

(DEN)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif