Masakan pindang serani khas Jepara, Jawa Tengah, Kamis, 6 Juni 2019. Medcom.id/ Rhobi Shani.
Masakan pindang serani khas Jepara, Jawa Tengah, Kamis, 6 Juni 2019. Medcom.id/ Rhobi Shani. (Rhobi Shani)

Pindang Serani, Kuliner Jepara Pengobat Rindu Kampung Halaman

kuliner
Rhobi Shani • 06 Juni 2019 14:39
Jepara: Lebaran jadi momen berkumpul bersama keluarga dan teman di kampung halaman dan kesempatan untuk mencicipi kuliner khas tanah kelahiran yang jarang dijumpai di rantau. Pindang serani, salah satu kuliner khas Kabupaten Jepara, Jawa Tengah, yang banyak diburu pemudik dan wisatawan di Bumi Kartini.
 
Pindang serani berbahan dasar ikan laut segar. Dimasak dengan aneka jenis bumbu dan rempah. Masakan berkuah ini memiliki rasa yang khas. Pedas, asam, dan manis berpadu jadi satu.
 
Kuliner khas Jepara ini kerap jadi menu andalan sejumlah rumah makan dan restoran sepanjang pantai di Jepara. Salah satunya restoran Diana’s Bay di pantai Karangkebagusan. Saat musim libur Lebaran pindang serani banyak dicari penikmat kuliner.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Menejer Operasional Diana’s Bay, Ari Fajar mengatakan saat musim libur Lebaran permintaan pindang serani dari pengunjung naik. Tidak hanya orangtua, generasi muda juga banyak yang memesan menu tersebut.
 
"Tapi paling banyak ibu-ibu. Pindang serani ini memang cocok buat makan ramai-ramai dengan keluarga. Kalau hari-hari biasa bisa menghabiskan 200 ekor ikan kakap putih segar, kalau Lebaran bisa sampai 400 ekor," kata Ari kepada Medcom.id, Kamis, 6 Juni 2019.
 
Ari menjelakan pada musim libur Lebaran seperti sekarang pengunjung yang memesan pindang serani didominasi warga Jepara yang sedang menikmati mudik Lebaran. Pengunjung datang bersama anggota keluarga lainnya. Selain pindang serani, aneka masakan hasil laut lainnya juga banyak diminati pengunjung.
 
"Kami juga menu gurita. Kami satu-satunya di Jepara yang memiliki menu gurita," jelas Ari.
 
Salah seorang pengunjung, Jesyca, datang bersama teman-temannya sengaja memilih duduk di kursi dengan meja mengahadap ke laut di tepi pantai. Lantas, memesan dua porsi pindang serani dan minuman jus buah.
 
Dia memesan pindang serani untuk dimakan bersama teman-temannya sambari menikmati suasana pantai. Jesyca mengatakan suka pindang serani dan sudah lama tidak menyantapnya.
 
"Suka banget dan sudah lama ngga nyobain. Terus ke sini sama temen-temen mau nyobain pindang serani," ungkap Jesyca.
 

(DEN)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif