Gelombang Laut Jawa Tinggi, Nelayan Diminta tak Melaut

Kuntoro Tayubi 25 Mei 2018 16:46 WIB
cuaca buruk
Gelombang Laut Jawa Tinggi, Nelayan Diminta tak Melaut
Gelombang tinggi diperairan Tegal-Pemalang, Jawa Tengah. Medcom.id /Kuntoro Tayubi
Tegal: Gelombang di laut Jawa mulai tinggi dan mencapai 2,5 meter. Gelombang tinggi itu berpotensi terjadi hingga tiga hari ke depan.

"Kami mengimbau kepada seluruh nelayan di wilayah pantai utara (pantura) Tegal dan sekitarnya untuk selalu waspada," kata Prakirawan Stasiun Meteorologi Tegal (SMT) Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG), Hendi, saat dihubungi, Jumat, 25 Mei 2018.

Curah hujan juga masih tinggi. Padahal, saat ini sudah memasuki musim kemarau.


Hendi mengungkapkan, gelombang tinggi itu juga disertai angin dengan kecepatan 10-20 knot. Kecepatan angin ini lebih tinggi dibandingkan kecepatan angin di darat.

"Di laut dan darat berbeda. Kalau di darat kecepatan angin dalam beberapa hari ke depan, berkisar sampai 10 knot," terangnya.

Kepala Dinas Kelautan Perikanan dan Peternakan (DKPP) Kabupaten Tegal Toto Subandriyo membenarkan jika gelombang di laut Jawa masih tinggi. Dia juga mewanti-wanti seluruh masyarakat Kabupaten Tegal untuk menghindari pantai.

Nelayan diharapkan tidak memaksakan diri melaut sebelum cuaca membaik. "Sebaiknya jangan melaut dulu. Karena sangat membahayakan bagi keselamatan jiwa," ujarnya.

Wilayah pantura juga sedang dilanda rob hingga menggenangi permukiman warga. Hal itu terjadi di sepanjang pantura Jawa.

"Ini memang fenomena alam. Dan ini cukup parah. Warga harus berhati-hati dan waspada," pesannya lagi.


 



(SUR)

Dapatkan berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

Powered by Medcom.id