Presiden Joko Widodo di GOR Diponegoro, Sragen, Jawa Tengah, Rabu, 3 April 2019. Medcom.id/ Pythag Kurniati.
Presiden Joko Widodo di GOR Diponegoro, Sragen, Jawa Tengah, Rabu, 3 April 2019. Medcom.id/ Pythag Kurniati. (Pythag Kurniati)

Jokowi Ingatkan Pentingnya Modernisasi Alat Pertanian

pertanian
Pythag Kurniati • 03 April 2019 16:33
Solo: Presiden Joko Widodo mengingatkan pentingnya modernisasi alat pertanian di era yang serba modern saat ini. Peralatan yang modern dinilai dapat meningkatkan kualitas produksi.
 
Hal tersebut disampaikan Jokowi saat melakukan kunjungan kerja ke Kabupaten Sragen. "Ini perlu saya ingatkan kepada para pemilik penggilingan padi," kata Jokowi di GOR Diponegoro, Sragen, Rabu, 3 April 2019.
 
Dalam kunjungan itu, Jokowi bersilaturahmi dengan para pelaku usaha di bidang pertanian asal Jawa Tengah. Mereka juga berdialog mengenai pupuk hingga mesin-mesin produksi.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Jokowi ingin agar pemilik penggilingan padi memiliki mesin pengering atau dryer. "Dari saya kecil di desa sampai sekarang saya lihat kalau habis panen pasti dijereng di jalan-jalan," jelas Jokowi.
 
Jokowi menilai cara tradisional itu sudah dilakukan berpuluh-puluh tahun. Kini saatnya para pelaku pertanian mengubah pola menjadi modern.
 
"Kalau kita tidak mengikuti, tidak mengubah diri dari yang pola-pola lama menjadi pola-pola yang baru, akan ditinggal negara lain," kata Jokowi.
 
Salah satu warga mengaku kepada Jokowi terkendala masalah pembiayaan untuk membeli mesin baru. Jokowi lalu menjanjikan akan mengumpulkan para pelaku usaha pertanian di istana setelah Pilpres nanti.
 
Jokowi berencana mempertemukan mereka dengan perbankan agar diberi kemudahan dalam memperbarui mesin produksi. "Ini bukan hanya untuk urusan padi tapi juga jagung bermasalah, kualitas turun gara-gara tidak masuk ke dryer,"kata dia.
 
Selain dryer, Jokowi juga ingin setiap tempat penggilingan padi memiliki alat pengemasan. "Nanti setiap kecamatan bisa membuat merek sendiri dan dijual dengan harga lebih baik," katanya.
 
Presiden tidak ingin Indonesia kalah dengan negara tetangga. "Kalau kita diam tidak mau mengubah, kita bisa kalah dengan Laos, kalah dengan Kamboja," pungkasnya.
 
Dalam kunjungan itu, Jokowi ditemani ibu negara Iriana Jokowi. Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo dan Bupati Sragen Kusdinar Untung Yuni Sukowati juga hadir mendampingi Jokowi.
 

(DEN)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif