Ribuan Ayam Bantuan di Brebes Mati
Warga menunjukkan ayam bantuan pemerintah untuk program Bedah Kemiskinan Rakyat Sejahtera di Brebes, Jawa Tengah. (Medcom.id/Kuntoro Tayubi).
Brebes: 7.609 ekor ayam bantuan dari Program Bedah Kemiskinan Rakyat Sejahtera (Bekerja) Kementerian Pertanian di Brebes, Jawa Tengah, mati. Kematian ayam itu disebabkan banyak faktor, di antaranya ayam stres karena perjalanan pengiriman yang jauh.

"Selain itu faktor cuaca pancaroba, sehingga rentan bagi ayam yang masih umur satu bulan, dan bisa juga karena penyakit yang sudah endemis di daerah secara kebetulan kondisi ayam sedang lemah," kata Kepala Bidang Kesehatan Hewan dan Kesehatan Masyarakat Veteriner Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan (DPKH) Kabupaten Brebes, Jhoni Murahman, Selasa, 6 November 2018.

Baca: Bantuan 1,4 Juta Ayam di Brebes tak Tepat Sasaran


Joni menjelaskan, perawatan ayam harus diimbangi dengan bimbingan teknis tata cara pemeliharaan. Jika tidak maka bisa menjadi kendala hingga menyebabkan kematian.

Total penerima bantuan tahap pertama dengan jumlah 28.460 rakyat tangga miskin (RTM), dibagikan di kecamatan Wanasari, Bulakamba, Ketanggungan, dan Bumiayu. Untuk Kecamatan Wanasari mendapatkan 481.100 ekor ayam dan dibagi 9.622 RTM.

Namun dilaporkan terdapat ayam mati sebanyak 7.609 ekor.

"Bagi RTM penerima bantuan yang ayamnya mati ini, bisa segera dilaporkan ke desa atau kelompok yang menaungi. Nantinya desa atau kelompok akan dilaporkan ke dinas dan dilanjutkan ke pengelola untuk mendapatkan ganti," jelas Jhoni.

Menurut Jhoni, sebelum diganti, tim akan mendatangi lokasi dan mengecek untuk mengetahui penyebab pasti kematian ayam itu. Kemudian tim juga akan mengantisipasi penyakit yang berhubungan dengan lingkungan.

"Pasalnya, penyaluran bantuan program bekerja pemerintah pusat itu masih terus berjalan dan ditargetkan selesai pada Desember mendatang," ungkap Jhoni.

Pemerintah melalui Direktorat Jendral Peternakan dan Kesehatan Hewan, Kementrian Pertanian melaksanakan program Bedah Kemiskinan Rakyat Sejahtera (Bekerja) dengan memberi bantuan sebanyak 1.423.000 ayam untuk rumah tangga miskin (RTM) di Kabupaten Brebes, Jawa Tengah.

Sasaran penerima bantuan ayam dan kandangnya itu berdasarkan data dari Kementerian Sosial (Kemensos), yang diverifikasi bersama antara Dinas Sosial, Kecamatan dan Desa.

Bantuan ayam itu sebagai satu cara pemerintah untuk mengentaskan kemiskinan di desa. Di mana satu keluarga miskin mendapatkan 50 ekor ayam berumur satu bulan, satu unit kandang senilai Rp500 ribu, satu paket pakan ternak, dan obat hewan.



(DEN)

Dapatkan berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

Powered by Medcom.id