Ratusan Pendaki Gunung Merapi Telah Dievakuasi
Pendaki berjalan menuju area Pasar Bubrah di bawah puncak Taman Nasional Gunung Merapi, Boyolali, Jawa Tengah. (ANT/Hendra Nurdiyansyah)
Boyolali: Ratusan pendaki yang berada di dekat puncak Gunung Merapi yang meletus freatik pagi tadi, berhasil dievakuasi. Dari 154 pendaki, delapan di antaranya mengalami luka-luka. 

"Tetapi semua sudah berhasil dievakuasi ke bawah dari lokasi Pasar Bubrah," terang Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah ( BPBD ) Boyolali, Bambang Sinung kepada Media Indonesia, Jumat 11 Mei 2018. 

Bambang mengatakan, letusan freatik yang muncul tiba-tiba membuat panik pendaki. Pihaknya segera memina bantuan camat dan perangkat desa di lereng lambung Merapi di kawasan Boyolali untuk menenangkan warga. 


Namun, diketahui ada 154 pendaki yang tengah mendaki ke puncak Merapi. Sehingga perlu diselamatkan. Dia mengatakan, tim penyelamat segera dikirim untuk naik dan mengevakuasi pendaki. Terlebih para pendaki berada hanya ratusan meter dari puncak kubah Merapi.

"Ada delapan orang pendaki yang mengalami luka ringan karena panik dan terjatuh saat berupaya turun usai melihat kepulan asap tebal dan suara gemuruh dari puncak yang mengeluarkan asap tebal. Mereka sudah dibawa ke Puskesmas Selo," ucap Bambang. 



(LDS)

Dapatkan berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

Powered by Medcom.id