Ilustrasi. Medcom.id/M Rizal
Ilustrasi. Medcom.id/M Rizal (Mustholih)

BPJS Putus Kerja Sama dengan RS Tak Terakreditasi

bpjs kesehatan
Mustholih • 03 Januari 2019 17:50
Semarang: Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Kesehatan memutus kerja sama dengan sejumlah rumah sakit di Jawa Tengah. RS yang tak lagi jadi rekanan itu kebanyakan karena tak mengantongi akreditasi.

"Rumah sakit yang belum terakreditasi untuk sementara dihentikan kerja sama dari BPJS," kata Kepala Dinas Kesehatan Jawa Tengah, Dokter Yulianto Prabowo saat dihubungi Medcom.id, Semarang, Jawa Tengah, Kamis, 3 Januari 2019.

Dia tak tahu Yulianto mengaku sedang memvalidasi jumlah rumah sakit yang bermasalah dengan BPJS Kesehatan tersebut. Rumah sakit yang pada tahun ini punya komitmen melaksanakan akreditasi masih bisa bekerja sama dengan BPJS.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

"Tetapi keputusan pemberian rekomendasi ada di Kementerian Kesehatan," terang Yulianto.

Rumah Sakit (RS) Muhammadiyah Roemani menyatakan masih tetap melanjutkan kerja sama dengan BPJS Kesehatan.  Humas RS Muhammadiyah Roemani, Mardiah, menyebut mayoritas pasien RS Roemani merupakan pasien BPJS Kesehatan.

Mardiah mengakui BPJS masih punya utang klaim biaya kesehatan pasien. "Utang ya masih. Karema tidak hanya Roemani, seluruh Indonesia. Tapi kebijakan Pemerintah, seluruh masyarakat harus anggota BPJS dan pasien Roemani 80 persen BPJS," tegas Mardiah.


(SUR)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi