Suasana di Lapas perempuan Kelas IIA Wirogunan Yogyakarta, tempat terpidana mati kasus narkoba Mary Jane, ditahan, Selasa, 23 Oktober 2018, Medcom.id - Mustaqim
Suasana di Lapas perempuan Kelas IIA Wirogunan Yogyakarta, tempat terpidana mati kasus narkoba Mary Jane, ditahan, Selasa, 23 Oktober 2018, Medcom.id - Mustaqim (Ahmad Mustaqim)

Narapidana Wirogunan Penerima Remisi Belum Bebas Langsung

remisi
Ahmad Mustaqim • 25 Desember 2018 17:09
Yogyakarta: Sebanyak 50 narapidana di Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Kelas IIA Wirogunan Yogyakarta dan Lapas Narkotika Pakem Sleman mendapat remisi Natal 2018. Namun, tak ada warga binaan yang bisa langsung bebas. 

Kepala Lapas Wirogunan Satriyo Waluyo menerangkan sebanyak 20 narapidana mendapat remisi. Remisi yang diberikan hanya berupa pemotongan masa tahanan. 

"Warga binaan yang mendapatkan remisi sesuai yang kita usulkan ke Dirjen (Direktorat Jenderal (Lapas), ada sebanyak 20 orang," ujar Satriyo saat dihubungi Medcom.id, Selasa, 25 Desember 2018

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

Ia menyatakan 19 orang yang memperoleh remisi berasal dari kasus pidana umum. Sementara, seorang napi lain berasal dari kasus pidana khusus. 

Menurut Satriyo, remisi yang diberikan berupa pemotongan masa tahanan sekitar satu hingga tiga bulan. "Remisi pemotongan tahanan ini istilahnya remisi khusus I. Remisi khusus II yang langsung bebas tidak ada," kata dia. 

Mantan Kepala Rumah Tahanan (Rutan) Salemba ini mengungkapkan seluruh napi yang diberikan tahanan telah menjalani hukuman minimal enam bulan. Selain itu, ujarnya, mereka juga berkelakuan baik selama berada di dalam tahanan. 

"Khusus kasus Tipikor (Tindak Pidana Korupsi) juga sudah membayar denda. Kami harapkan remisi ini warga binaan yang lain berkelakuan baik," ujarnya. 

Kepala Lapas Narkotika Pakem, Sleman, Erwedi Supriyatno mengatakan ada sebanyak 15 warga binaannya yang diberikan remisi. Adapun rinciannya, dua orang remisi potongan tahanan selama 15 hari,  dan 13 orang (potongan tahanan sebulan). 

"Pemberian remisi ini sudah kami pertimbangkan selama mereka berada di tahanan seperti apa. Semoga mereka semakin termotivasi menjadi orang yang lebik baik," kata dia. 


(RRN)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi