Gelombang tsunami terjadi di Selat Sunda, Provinsi Banten dan Lampung pada Sabtu, 22 Desember 2018 malam sekitar pukul 21.30 WIB. Tsunami mengakibatkan sedikitnya 430 orang tewas, 1.495 luka-luka, 159 hilang, dan 21.991 lainnya mengungsi. Korban tewas ter
Gelombang tsunami terjadi di Selat Sunda, Provinsi Banten dan Lampung pada Sabtu, 22 Desember 2018 malam sekitar pukul 21.30 WIB. Tsunami mengakibatkan sedikitnya 430 orang tewas, 1.495 luka-luka, 159 hilang, dan 21.991 lainnya mengungsi. Korban tewas ter (Pythag Kurniati)

PMI Solo Kirim Relawan Bantu Korban Bencana Tsunami Banten

Tsunami di Selat Sunda
Pythag Kurniati • 27 Desember 2018 12:18
Solo: Palang Merah Indonesia (PMI) Solo pun mengirimkan tim ke Banten dan Lampung untuk membantu korban terdampak tsunami. Sebanyak 10 orang diberangkatkan PMI. Mereka terdiri dari staf dan sukarelawan. 
 
"Mereka sudah memiliki medis maupun nonmedis," kata Sekretaris PMI Solo, Sumartono Hadinoto, Kamis, 27 Desember 2018.
 
Salah satu anggota tim bertugas khusus sebagai Restoring Family Licks (RFL). Tugasnya ialah menghubungkan korban dengan keluarganya.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Para relawan berangkat ke Banten menggunakan dua mobil, yakni mobil ambulans dan double cabin. Mereka fokus untuk melakukan evakuasi, pengobatan dan assessment (pendataan). 
 

Relawan PMI Solo diberangkatkan bantu korban tsunami di Banten.
 
Pendataan dibutuhkan untuk mengetahui kebutuhan para korban. Selanjutnya, PMI akan mengirimkan bantuan sesuai hasil pendataan.
 
"Kami juga menggalang dana melalui bank BCA dan bank Mandiri," ungkapnya.
 
Adapun pemilihan lokasi Banten merupakan hasil koordinasi dengan pemerintah pusat. "Kita siap berangkat ke Lampung dan Banten. Namun dari pusat hanya diminta ke Banten," tutupnya.

 

(ALB)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi