Aktivitas penumpang di depan bandara Adisutjipto. Medcom.id/Ahmad Mustaqim.
Aktivitas penumpang di depan bandara Adisutjipto. Medcom.id/Ahmad Mustaqim. (Patricia Vicka)

Bandara Adisutjipto Siagakan Paramedis Cegah Cacar Monyet

penyakit langka Cacar Monyet
Patricia Vicka • 17 Mei 2019 10:37
Sleman: Pengelola Bandara Adisutjipto melakukan sejumlah langkah mencegah masuknya virus cacar monyet. Salah satu langkah adalah bekerjasama dengan Kantor Kesehatan Pelabuhan (KKP) menyiagakan paramedis di terminal kedatangan.
 
"Kami siapkan dokter dan petugas medis untuk memantau dan memeriksa penumpang yang datang. Terutama dari penerbangn international," kata Koordinator Pengendalian Karantina dan Surveilans Epidemiologi (PKSE) KKP, Ratih kepada Medcom.id di Yogyakarta, Kamis, 16 Mei 2019.
 
Ratih menjelaskan petugas medis disiagakan sejak Senin 13 Mei 2019. Selain itu KKP turut menyiagakan alat  Thermo Scan di terminal kedatangan. Thermo Scan adalah alat yang berbentuk seperti metal detector yang berfungsi untuk memindai suhu tubuh seseorang.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Seluruh penumpang yang datang ke Terminal Adisucipto wajib untuk diperiksa suhu tubuhnya dengan cara melewati alat thermo scan. Apabila terdapat penumpang yang memiliki risiko atau suspect terjangkit maka akan dilakukan pemeriksaan lanjutan oleh petugas medis.
 
"Penumpang yang suhu tubuhnya diatas 38,5 derajat Celcius akan kami periksa. Kami minta menunggu hingga 30 menit. Kalau 30 menit masih panas diatas 38,5, akan kami rujuk ke RS Sardjito," jelas Ratih.
 
Ratih menjelaskan KKP turut menambah petugas pengawas Thermo Scan. Jika hari biasanya hanya dua petugas yang mengawasi pemeriksaan penumpang, saat ini ada tiga hingga empat petugas yang berjaga.
 
General Manager Bandara Adisutjipto Angkasa Pura 1, Agus Pandu Wijaya menjelaskan pemeriksaan penumpang difokuskan untuk penumpang penerbangan international maskapai dari negara Singapura dan Malaysia.
 
"Sampai sekarang masih aman. belum ada penumpang yang terindikasi terjangkit virus Cacar Monyet," ungkap Pandu.
 

(DEN)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

MAGHRIB 17:47
DOWNLOAD JADWAL

Untuk Jakarta dan sekitarnya

  • IMSAK04:25
  • SUBUH04:35
  • DZUHUR11:53
  • ASHAR15:14
  • ISYA18:59

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif