Sampah berserakan di Pantai Parangtritis,  Kecamatan Kretek, Kabupaten Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta, Rabu, 2 Januari 2019. Medcom.id/ Ahmad Mustaqim.
Sampah berserakan di Pantai Parangtritis, Kecamatan Kretek, Kabupaten Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta, Rabu, 2 Januari 2019. Medcom.id/ Ahmad Mustaqim. (Ahmad Mustaqim)

Wisatawan Tinggalkan Empat Ton Sampah di Pantai Parangtritis

sampah menumpuk perayaan tahun baru
Ahmad Mustaqim • 02 Januari 2019 13:17
Bantul: Berbagai macam jenis sampah berserakan di sepanjang Pantai Parangtritis, Kecamatan Kretek, Kabupaten Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta, Rabu, 2 Januari 2019. Sampah tersebut berserakan dari Pantai Parang Ndog, Parangtritis, Parangkusumo, hingga Pantai Depok. Sampah itu mulai dari sampah kantong plastik, botol bekas air minuman, hingga plastik bekas mi instan.
 
Kepala Unit Pelaksana Kegiatan Pantai Parangtritis, Suranto mengatakan, pihaknya mengerahkan 22 orang untuk melakukan pembersihan sampah yang ditinggalkan wisatawan tersebut.
 
"Meskipun ada juga sampah dari muara sungai. Memang dominasi sampah plastik (dari wisatawan)," kata Suranto di Bantul, Rabu, 2 Januari 2019. 

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Suranto menjelaskan, perlu waktu panjang membersihkan sampah-sampah tersebut. Ia mengungkapkan, kegiatan pembersihan yang dimulai pukul 05.00 WIB tersebut baru selesai sekitar pukul 10.30 WIB.
 
"Semua sampah sudah kami bersihkan. Ada sebanyak tiga sampai empat ton sampah," ujar Suranto.
 
Menurut Suranto, kesadaran wisatawan membersihkan sampah masih cukup rendah. Meskipun, sudah disediakan sejumlah tempat sampah di lokasi tersebut.
 
Meski semua tempat sampah penuh terisi, namun wisatawan semestinya mengumpulkan sampah di titik berdekatan dengan tempat sampah.
 
"Tapi namanya wisatawan ada yang sadar membuang sampah, ada juga yang asal membuang sampah. Setidaknya sudah disediakan tempat sampah di lokasi," jelas Suranto.
 

(DEN)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif