Area persawahan di Desa Sayung Kabupaten Demak, Jawa Tengah, terendam air. Medcom.id
Area persawahan di Desa Sayung Kabupaten Demak, Jawa Tengah, terendam air. Medcom.id (Rhobi Shani)

300 Hektare Sawah di Demak Terendam Banjir

longsor bencana longsor bencana banjir
Rhobi Shani • 11 April 2019 15:10
Demak: Banjir yang melanda Desa Sayung Kabupaten Demak, Jawa Tengah, membuat 300 hektare area persawahan terendam air. Kondisi itu merusak tanaman padi yang sebagian besar masih tahap pembibitan. Hari ini merupakan hari ke empat bencana banjir di Desa Sayung.
 
Kepala Desa Sayung, Munawir menyampaikan, banjir yang disebabkan luapan Sungi Penceng anak Sungai Dombo, tidak hanya merendam pemukiman warga, melainkan area persawahan.
 
“Ada 300 hektare sawah yang terendam banjir dan 1.471 kepala keluarga yang terdampak,” kata Munawir, Kamis, 11 April 2019.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Area sawah yang terendam merupakan lahan pertanian padi. Bibit padi yang sedang ditanam dipastikan mati akibat terendam banjir berhari-hari. Dari 300 hektar itu, ada 436 petani di desanya yang merugi. Untuk itu, pihaknya selalu berkoordinasi dengan pihak berkait untuk menangani banjir yang terjadi di tiap tahunnya itu.
 
"Ratusan petani sudah pasti merugi. Saya mohon pihak yang berkait supaya ada solusi, karena bencana ini datang tiap tahun,” ungkap Munawir.
 
Seorang petani Desa Sayung, Agus mngungkapkan, setiap musim hujan datang para petani di desanya selalu gagal panen akibat banjir. Namun, banjir yang merendam area persawahan akibat tanggul Sungi Penceng anak Sungai Dombo jebol.
 
Dikatakan Agus, Desa Sayung lebih rendah ketimbang tanggul Sungai Dombo. Sehingga saat debit air tinggi, air sungai akan meluap ke permukiman dan sawah.
 
“Kalau sawah saja banjir, petani mau tanam apa. Semoga saja ada solusi,” pungkas Agus.
 

(ALB)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

MAGHRIB 17:47
DOWNLOAD JADWAL

Untuk Jakarta dan sekitarnya

  • IMSAK04:25
  • SUBUH04:35
  • DZUHUR11:53
  • ASHAR15:14
  • ISYA18:59

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif