Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo berkunjung ke Pasar Karangayu, Semarang, Jawa Tengah. Foto: Humas Gubernur Jateng.
Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo berkunjung ke Pasar Karangayu, Semarang, Jawa Tengah. Foto: Humas Gubernur Jateng. (Mustholih)

Harga Sembako di Jateng Masih Stabil

harga sembako
Mustholih • 31 Mei 2019 16:18
Semarang: Menjelang Idulfitri 2019 harga kebutuhan pokok di Semarang, Jawa Tengah, cenderung stabil. Lima hari sebelum Idulfitri 2019, harga daging di pasar tradisional mengalami kenaikan namun tidak signifikan.
 
"Harga daging ayam kampung biasanya Rp32 ribu naik menjadi Rp36 ribu," kata Sri Suwarni, 54, pedagang di Pasar Karangayu, Semarang, Jawa Tengah, Jumat, 31 Mei 2019.
 
Harga daging kambing naik dari Rp115 ribu menjadi hingga Rp120 ribu per kilogram. Sedangkan daging sapi harganya cenderung stabil di kisaran Rp110 ribu per kilogram. 
"Kenaikan harga daging ayam maupun sapi tidak terlalu. Kalau saya bilang, cenderung stabil seperti bulan-bulan lalu yang bukan lebaran. Karena, stoknya memang aman," beber Suwarni.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Harga beras, gula, minyak pun juga demikian. Menurut Lasmi, 60, salah seorang pedagang mengatakan jika ada kenaikan, harga naik hanya berkisar Rp1.500 sampai Rp 5.000.
 
"Gula pasir sebelumya Rp.11 ribu, naik menjadi Rp.12.500. Beras mentik wangi Rp.12 ribu. Kacang, minyak goreng, tepung, tidak ada kenaikan harga," ujar Lasmi.
 
Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo mengatakan harga kebutuhan pokok di Jateng masih stabil. Namun Pemrov Jawa Tengah bakal melakukan intervensi apabila sewaktu-waktu harga kebutuhan pokok naik.
 
"Kita bisa buka operasi pasar. Daging sapi meski ada yang menjual sampai Rp.116 ribu, tetapi kebanyakan menjual dengan harga Rp.110 ribu. Soal ramai-ramai bawang kemarin, saat ini tidak ada masalah. Stok juga aman," ungkap Ganjar.
 

(DEN)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif