Kemen PDTT Sebar 1.000 KK untuk Transmigrasi
Sekretaris Jenderal Kementerian Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal, dan Transmigrasi, Anwar Sanusi. (Medcom.id-Ahmad Mustaqim)
Bantul: Kementerian Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal, dan Transmigrasi (Kemendes PDTT) akan menyebar sekitar 1.000 kepala keluarga (KK) untuk transmigrasi. Mereka berasal dari pulau dengan kategori padat penduduk seperti Jawa, Sumatera, dan Bali.

“Tahun ini ada sekitar 1.000 KK yang akan kita berangkatkan. Mereka akan membaur dengan masyarakat di wilayah tujuan dengan masyarakat lokal,” kata Sekretaris Jenderal Kementerian Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal, dan Transmigrasi, Anwar Sanusi di Kampung Mataraman, Desa Panggungharjo, Kecamatan Sewon, Kabupaten Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta, Rabu, 12 September 2018.

Ia mengatakan ada sejumlah daerah tujuan para transmigran. Sejumlah daerah itu berada di Pulau Kalimantan dan Sulawesi. Untuk tahun ini, kata dia, transmigran akan dikirim ke Provinsi Kalimantan Utara. 


“Ini tergantung kesepakatan daerah pengirim dan daerah penerima. Kami akan sesuaikan dengan sembilan balai pelatihan (Kementerian Desa) di wilayah lain,” kata dia.

Ia menyebutkan, konsep transmigrasi yang dilakukan saat ini bukan semata memindahkan penduduk. Menurut dia, program transmigrasi juga untuk menumbuhkan kawasan tujuan menjadi mandiri.

Jika sebelumnya keberadaan transmigran lebih banyak, tahun ini mereka akan berada di antara masyarakat lokal yang lebih banyak. Ia memperkirakan, presentasenya bisa 70 persen penduduk lokal, dan 30 persen merupakan transmigran.

“Beberapa tahun lalu lebih banyak dari daerah asal.  Sekarang lebih banyak (penduduk) daerah setempat. Dengan kata lain untuk membuat daerah tersebut berkembang,” ucapnya.



(ALB)

Dapatkan berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

Powered by Medcom.id