Tol Brebes Timur Aman, Satlantas Brebes Konsentrasi Jalur Selatan
Pintu Tol Brebes Timur (Brexit). (Medcom.id/Kuntoro Tayubi)
Brebes: Satlantas Polres Brebes, Jawa Tengah, meyakini horor di pintu keluar Tol Brebes Timur, Jawa Tengah tak akan terulang, apalagi kondisi tersebut tidak terjadi saat arus mudik tahun lalu. Ditambah Exit tol Gandulan, Pemalang, Jawa Tengah, direncanakan beroprasi pada H-10 lebaran.

Polres Brebes, AKP Rikha Zulkarnaen mengatakan, titik rawan kemacetan sebelumnya berada di pertigaan tol Brebes Timur (Brexit), kini titik rawan kemacetan berada  perlintasan kereta api Desa Karang Sawah, Kecamatan Tonjong.

“Di sana ada pembangunan under pass. Meskipun pembangunan underpass akan dihentikan pada H-15 lebaran,” katanya, Kamis, 26 April 2018, di kantor Satlantas Brebes.


Meskipun demikian, ia mengaku tetap mengantisipasi segala kemungkinan yang terjadi. Mengingat Exit pintu tol keluar terakhir dari Brebes-Semarang tersebut (Gandulan) diperkirakan menjadi salah satu titik kemacetan parah, saat arus mudik lebaran nanti.

Rekayasa yang tengah dipersiapkan di antaranya akan melakukan pengalihan arus kendaraan. jika terjadi penumpukan di pintu Tol Gandulan maka kendaraan pemudik akan dikeluarkan ke pantura melalui pintu tol yang ada dari Pejagan hingga Tegal.

“Kalau dari Pejagan ada kurang lebih empat pintul tol sebelum Gandulan, di antaranya Pejagan, Brebes Barat (Wanasari), Brebes Timur (Brexit) dan Tegal,” kata Rikha.

Sementara untuk pembangunan under pass, di ruas jalan Karang Sawah yang belum kelar pengerjaannya hingga arus mudik lebaran mendatang akan menjadi konsentrasi Satlantas Polres Brebes.

Selain akan merekayasa lalu lintas, polisi juga telah menyiapkan jalur alternatif sepanjang 6,3 kilometer. Yakni melalui jalur Karang Sawah yang tembus hingga simpang tiga pasar Lingga Pura.



(ALB)

Dapatkan berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

Powered by Medcom.id