Gunung Merapi dari wilayah Kecanatan Cangkringan, Sleman. Medcom.id/Ahmad Mustaqim
Gunung Merapi dari wilayah Kecanatan Cangkringan, Sleman. Medcom.id/Ahmad Mustaqim (Ahmad Mustaqim)

Kubah Lava Gunung Merapi Terus Tumbuh

gunung merapi
Ahmad Mustaqim • 20 Oktober 2018 21:54
Yogyakarta: Balai Penyelidikan dan Pengembangan Teknologi Kebencanaan Geologi (BPPTKG) Yogyakarta mencatat pertumbuhan kubah lava di puncak Gunung Merapi. Meski pertumbuhan tak sama pada tiap pekan kubah lava tumbuh lebih besar.

Kepala BPPTKG Yogyakarta, Hanik Humaida mengatakan posisi kubah lava saat ini sebesar 201.000 meter kubik. Perhitungan pertumbuhan kubah lava ini sejak 18 Agustus hingga 18 Oktober 2018.

"Laju pertumbuhan kubah lava 6.200 meter kubik per hari. Ini lebih tinggi dibanding (pertumbuhan) pekan lalu," ujarnya lewat keterangan tertulis yang dipublikasi pada Sabtu, 20 Oktober 2018.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

Volume itu dinilai masih tergolong normal meski pertumbuhan lebih tinggi dibanding pekan lalu. Ia mengatakan pertumbuhan kubah lava tinggi jika sudah di atas 20 ribu meter kubik per hari.

Kegempaan di puncak Gunung Merapi juga masih terjadi ratusan kali. Gempa guguran tercatat paling banyak terjadi disusul, gempa gembusan (52 kali) dan gempa frekuensi rendah (37 kali).

"Kegempaan yang terjadi minggu ini lebih rendah dibanding minggu lalu," ujarnya.

Masih tingginya aktivitas itu membuat status Gunung Merapi masih level II atau waspada. Ia menyatakan jarak aman masih pada radius tiga kilometer dari puncak.

"Masyarakat tetap tak perlu panik. Kami atau tinjau kembali status Gunung Merapi jika terjadi perkembangan," ungkapnya.


(SUR)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi