Ilustrasi Medcom.id/ Mohammad Rizal.
Ilustrasi Medcom.id/ Mohammad Rizal. (Pythag Kurniati)

Musim Hujan Diprediksi Landa Jawa Tengah Hingga April

musim hujan
Pythag Kurniati • 10 Januari 2019 15:15
Solo: Musim hujan diprediksi akan melanda wilayah Jawa Tengah hingga April 2019. Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Jawa Tengah Sarwa Pramana meminta masyarakat waspada banjir dan longsor yang kerap terjadi saat musim hujan.
 
"Diprediksi musim penghujan berlangsung hingga April 2019," kara Sarwa saat dikonfirmasi, Kamis, 10 Januari 2019.
 
BPBD Jawa Tengah mengaku sudah memetakan kawasan rawan bencana. Ratusan desa di Solo serta kabupaten-kabupaten di sekitarnya tercatat rawan banjir dan longsor.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Sarwa menjelaskan, dari satu kota (Solo) dan enam kabupaten di sekitarnya (Sukoharjo, Boyolali, Wonogiri, Karanganyar, Klaten, Sragen), Kabupaten Wonogiri paling rawan banjir.
 
Data tersebut bersumber dari hasil rekapitulasi BPBD Jawa Tengah mengenai wilayah rawan terdampak bencana banjir dan longsor di Jateng tahun 2018/2019.
 
"Di Wonogiri tercatat ada 23 kecamatan dan 73 desa rawan banjir," jelas Sarwa.
 
Disusul Kabupaten Klaten yang mencapai 73 desa rawan terdampak banjir. Lalu Sukoharjo dengan wilayah rawan terdampak banjir sebanyak 70 desa. Sedangkan di Kota Solo, 22 kelurahan di lima kecamatan juga rawan terdampak banjir. 
 
Selain ancaman banjir, BPBD juga mengimbau masyarakat mewaspadai bencana tanah longsor di musim penghujan. Di Kota Solo dan enam kabupaten sekitarnya, wilayah rawan terdampak longsor paling banyak terdapat di Kabupaten Klaten.
 
"245 desa di Klaten rawan terdampak longsor," pungkas Sarwa. Disusul kemudian Wonogiri dan Boyolali, masing-masing 139 dan 63 desa rawan terdampak longsor.
 
Secara keseluruhan di Provinsi Jawa Tengah terdapat ribuan desa rawan terdampak banjir serta longsor di tahun 2018. Rinciannya 1.864 desa di 336 kecamatan di Jateng rawan terdampak banjir. Kemudian 2.134 desa di 344 kecamatan rawan terdampak longsor.
 

(DEN)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif