Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo, (kanan), MI/Ramdani.
Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo, (kanan), MI/Ramdani. (Budi Arista Romadhoni)

Ganjar Tak Menampik Memberikan Rp100 Juta Kepada Tasdi

kasus korupsi
Budi Arista Romadhoni • 08 Januari 2019 11:38
Semarang: Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo tidak menampik jika dirinya pernah memberikan uang Rp100 kepada Bupati Purbalingga Nonaktif, Tasdi. Ganjar mengakui telah memberikan uang senilai Rp100 Juta ke Tasdi, namun diserahkan secara sukarela. 
 
"Saya kan calon gubernur. Seingat saya waktu itu mau ada acara deklarasi atau apa. Saya kemudian gotong royong. Sebagai calon ya gotong royong, salah saya di mana?" kata Ganjar di Wisma Puri Gedeh, Kota Semarang, Jawa Tengah, Senin malam, 7 Januari 2019.
 
Baca: Terdakwa Mengaku Terima Uang dari Ganjar Pranowo

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Ganjar menjelaskan, dana tersebut disumbangkan secara gotong royong antar internal partai PDI Perjuangan. Penyerahan  sumbangan itu juga tak terlepas dari posisinya sebagai kader partai.
 
"Saya terimakasih Tasdi mengaku. Harapan saya dana yang saya berikan segera dipakai pada saat deklarasi. Ini dia mengaku harusnya dipakai pada saat itu. Jadi saya tahu, oh bantuan saya belum dipakai berarti," ungkap Ganjar.
 
Ganjar memastikan, hanya sekedar menyumbang untuk operasional partai dan kebutuhan deklarasi dukungan kepada dirinya. Menurut Ganjar, uang tersebut diberikannya melalui ajudannya.
 
Terdakwa Tasdi menerima uang dari berbagai pihak termasuk Ganjar Pranowo, yang digunakannya untuk memenangkan Ganjar-Yasin pada Pilgub Jateng 2018 silam. Selain itu, ada nama Wakil Ketua DPR RI Utut Adianto sebagai salah satu penyumbang. 
 
Tasdi mengaku bahwa uang pemberian sejumlah pihak tersebut belum sempat terpakai. Lantaran ia keburu terkena Operasi Tangkap Tangan (OTT) Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) pada 4 Juni 2018. Padahal, uang itu rencananya ia gunakan untuk acara buka bersama antar kader PDI Perjuangan pada 10 Juni 2018.
 

(DEN)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

MAGHRIB 17:47
DOWNLOAD JADWAL

Untuk Jakarta dan sekitarnya

  • IMSAK04:26
  • SUBUH04:36
  • DZUHUR11:53
  • ASHAR15:14
  • ISYA19:00

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif