Sanggar Seni Bawang Merah menampilkan tarian sintren dalam kirab budaya hari jadi Brebes ke-341, di Brebes, Jawa Tengah, 18 Januari 2019. Medcom.id/Kuntoro Tayubi
Sanggar Seni Bawang Merah menampilkan tarian sintren dalam kirab budaya hari jadi Brebes ke-341, di Brebes, Jawa Tengah, 18 Januari 2019. Medcom.id/Kuntoro Tayubi (Kuntoro Tayubi)

Brebes Rayakan HUT ke-341

kirab budaya
Kuntoro Tayubi • 19 Januari 2019 10:26
Brebes: Pemerintah Kabupaten Brebes, Jawa Tengah, merayakan HUT ke 341 melalui kirab budaya di alun-alun setempat, Jumat, 18 Januari 2019. Pawai diikuti 17 kecamatan dengan menampilkan potensi budaya di masing-masing wilayah.
 
Ada yang menarik dari prosesi arak-arakan ini. Cuaca cerah cerah menjelang konvoi grup kesenian berjalan dari depan kantor DPRD Brebes. Namun, tiba-tiba hujan turun saat iringan grup sintren mulai berjalan dan melantunkan lagu dan tariannya.
 
Sintren memang diyakini warga adalah sebuah seni tradisi yang merupakan proses ritual warga untuk memanggil hujan. Biasanya warga akan menggelar Sintren saat kemarau panjang melanda.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


“Ini hujan gara gara Sintren lewat. Masa dari pagi cerah hingga sore, ini sintren lewat jadi hujan,” kata warga Brebes, Ali Fahmi, sambil bercanda, Jumat, 18 Januari 2019.
 
Iringan kirab yang dipimpin Bupati Brebes Idza Priyanti itu jadi tontonan ribuan warga yang sudah memadati sepanjang jalan pantura Brebes. Ali bersama anak-anaknya sudah menunggu sejak pukul 12.00 WIB untuk bisa menyaksikan iringan kirab budaya. Ia pun rela berpanas-panasan hingga hujan-hujanan.
 
"Kirab seperti ini hanya ada setahun sekali pada peringatan HUT Brebes. Jadi ya momentum langka, jadi tidak apa apa kepanasan dan kehujanan," katanya.
 
Bupati Brebes Idza Priyanti mengatakan, Kabupaten Brebes telah berusia 341 tahun tepat pada 18 Januari 2019. Menurutnya, usia itu menunjukan proses terbentuknya kabupaten yang terletak di wilayah barat Jawa Tengah itu cukup lama.
 
“Kami ingin menjadikan Brebes cantik lahir batin, dalam artian pembangunan yang digarap meliputi pembangunan jasmani dan rohani, seimbang dan berkah,” ujar Bupati Brebes, Idza Priyanti.
 
Dalam puncak peringatan HUT Ke-341 Kabupaten Brebes ini juga digelar pesta rakyat berupa bazar yang memamerkan produk unggulan 17 kecamatan, seni lukis on the spot serta festival tarian tradisi unggulan yang dipusatkan di Alun-alun Brebes dan Pendopo Kabupaten.
 

 
 

(SUR)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi