Gubernur DI Yogyakarta Sri Sultan Hamengkubuwono. Foto: Antara/Noveradika
Gubernur DI Yogyakarta Sri Sultan Hamengkubuwono. Foto: Antara/Noveradika (Patricia Vicka)

Kejutan untuk Raja Yogyakarta di Usia ke-72

Patricia Vicka • 02 April 2018 20:06
Yogyakarta: Gubernur DI Yogyakarta Sri Sultan Hamengkubuwono hari ini memperingati hari lahir yang ke-72. Raja Yogyakarta mendapatkan kejutan tak terduga dari beberapa PNS dan awak media yang bertugas di kantor Kepatihan Gubernur.
 
Beberapa pegawai dan awak media menghampiri Sultan HB X ini di ruang kerjanya. Mereka membawa kue ulang tahun sambil menyanyikan lagu Selamat Ulang tahun.  
 
Sri Sultan yang baru selesai menerima tamu kegubernuran tampak terkejut dengan perayaan kecil-kecilan ini. Senyum senang merekah dari bibirnya.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Ia pun segera meniup lilin di atas kue ulang tahun yang dibawakan salah satu awak media. Lagi-lagi ia dibuat terkejut. Api di lilin sulit padam.
 
Ia menyala kembali beberapa detik usai ditiup. Tak menyerah, Sultan kembali meniup lilin dan gagal kembali mematikan api.
 
Gregetan, Sultan menekan ujung lilin yang menyala dengan jarinya untuk memadamkan api. Rasa panas tak dihiraukan demi mematikan api. Api berhasil dimatikan diiringi tawa geli dan senyum para pegawai dan awak media.
 
"Maturnuwun.. Maturnuwun ucapannya," kata Sultan HB X di Kompleks Kepatihan Yogyakarta, Senin, 2 April 2018.
 
Dia tak mengira anak buah dan awak media 'berkonspirasi' merayakan ulang tahunnya. Sebab, Sri Sultan tak berencana menggelar pesta perayaan ulang tahun di usianya yang sudah kepala 7.
 
"Saya biasa saja (merayakan umur baru). Saya enggak pernah merayakan ulang tahun," ujar Raja Ngayogyakarta ini.
 
Di usia barunya, Sultan tak memiliki cita-cita atau ambisi yang muluk. Ia hanya ingin mengabdikan dirinya untuk masyarakat dan warga Yogyakarta akhir hayat.
 
"Saya sebagai Gubernur DIY punya kewajiban untuk mensejahterakan dan memajukan masyarakat. Kewajiban saya mengabdi sampai mati," tegasnya.
 
Sri Sultan Hamengku Buwono X lahir di Yogyakarta pada 2 April 1946. Nama kecilnya adalah BRM Herjuno Darpito.
 
Ia adalah putra tertua dari istri ke-2 Sri Hamengkubuwono IX, KBRAy Widyaningrum. Sri Sultan adalah alumni Fakuktas Hukum Universitas Gadjah Mada Yogyakarta.  
 
Ia menjabat sebagai raja Yogyakarta pada 7 Maret 1989. Pada 1998, ia diangkat menjadi Gubernur DIY.
 

(SUR)
TERKAIT
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif