5.000 lampion bakal memeriahkan perayaan tahun baru Imlek di Kota Solo, Jawa Tengah. Medcom.id/ Pythag Kurniati.
5.000 lampion bakal memeriahkan perayaan tahun baru Imlek di Kota Solo, Jawa Tengah. Medcom.id/ Pythag Kurniati. (Pythag Kurniati)

5.000 Lampion Meriahkan Imlek di Solo

hari raya imlek
Pythag Kurniati • 20 Januari 2019 17:48
Solo: Sebanyak 5.000 lampion bakal memeriahkan perayaan tahun baru Imlek di Kota Solo, Jawa Tengah. Lampion-lampion tersebut akan dipasang di sepanjang jalan kawasan Pasar Gede dan Jalan Jenderal Sudirman.
 
Ketua Panitia Bersama Imlek 2019 Sumartono Hadinoto mengatakan, lampion akan mulai dinyalakan akhir bulan ini.
 
"Tepatnya 27 Januari 2019 pertama dinyalakan, sekaligus uji coba," kata Sumartono saat dikonfirmasi, Minggu, 20 Januari 2019.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Adapun 5.000 lampion tersebut akan menyala dan menghiasi langit Kota Solo selama satu bulan. "Jadi nanti hingga sekitar akhir Februari," lanjut Sumartono.
 
Selain ribuan lampion, imlek di Kota Solo juga akan dimeriahkan 12 lampion besar dan 12 lampion shio. Seperti tahun-tahun sebelumnya, lampion-lampion tersebut diperkirakan menarik minat ribuan orang dari berbagai daerah di sekitar Solo.
 
"Mereka biasanya berswafoto," jelas Sumartono.
 
Perayaan imlek di Solo tahun ini akan diwarnai pula dengan acara dialog kebangsaan. Acara tersebut rencananya menghadirkan Sinta Nuriyah Wahid.
 
Digelarnya dialog kebangsaan diharapkan semakin mempererat rasa persatuan. Gagasan acara ini juga tak lepas dari perwujudan Bhinneka Tunggal Ika.
 
"Apapun sukunya, apapun agamanya, kita semua 100 persen Indonesia," tandas Sumartono.
 

(DEN)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif