Pengrajin kerupuk ikan di Jepara menjemur bahan baku produksinya, Medcom.id - Rhobi Shani
Pengrajin kerupuk ikan di Jepara menjemur bahan baku produksinya, Medcom.id - Rhobi Shani (Rhobi Shani)

Pengrajin Ikan Tenggiri Nantikan Hangatnya Sinar Matahari

musim hujan
Rhobi Shani • 04 Januari 2019 16:44
Jepara: Matahari tampak cerah pada Jumat, 4 Januari 2019, pagi. Musdalifah bergegas mengeluarkan adonan kerupuk ikan tenggiri untuk dijemur. 
 
Musdalifah merupakan salah satu pengrajin kerupuk ikan tenggiri di Jepara, Jawa Tengah. Sentra kerajinan itu berada di Kelurahan Pengkol. Untuk memproduksi, para pengrajin masih mengandalkan panas matahari untuk mengeringkan kerupuk.
 
Saat hujan, sinar matahari terbatas. Selain itu, cuaca ekstrem mengakibatkan nelayan tak melaut. Sehingga bahan dasar pembuatan kerupuk pun tak banyak.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


“Kalau musim seperti ini ikan tengiri sulit, produksi terhambat. Juga tidak ada panas, jadi susah saat mengeringkan olahan kerupuk,” ujar Musdalifah di sela-sela kegiatannya menjemur kerupuk.
 
Agar tetap bisa berproduksi pada kondisi tersebut, Musdalifah menyiapkan langkah-langkah jauh-jauh hari. Pada saat pasokan ikan melimpah, Musdalifah dan pengrajin kerupuk lainnya membuat adonan kerupuk sebanyak-banyaknya. Adonan dibuat dalam bentuk siap dipotong-potong untuk dijemur sebelum diolah menjadi kerupuk.
 
“Jadi saat musim hujan atau cuaca buruk masih ada stok kerupuk mentah untuk dijual,” kata Musdalifah.
 
Ikan tenggiri sebagai bahan baku pembuatan kerupuk dipasok dari nelayan Jepara. Jika stok ikan tengiri di Bumi Kartini kosong, Musdalifah terpaksa mencari ikan tengiri dari Kabupaten Pati.
 
“Tapi kalau cuaca buruk seperti sekarang ini di mana-mana sulit cari ikan tengiri,” ungkap Musdalifah sembari menata kerupuk yang dijemur.
 
Hal senada juga dirasakan produsen kerupuk tengiri lainnya, Nur Hikmawati. Mendekati musin hujan, dia sudah menyetok kerupuk mentah. Agar saat cuaca buruk seperti sekarang tinggal memasarkan saja.
 
“Kalau sekarang tidak bisa produksi karena bahannya (ikan tengiri) tidak ada. Tapi kalau saat musim kemarau produksi per hari bisa sampai satu kuintal,” ungkap Nur Hikmawati. 
 
Siasat lain yang dilakukan oleh produsen kerupuk agar tetap bisa berproduksi yaitu, dengan mengganti bahan baku ikan tengiri dengan ikan jenis lainnya. Itu seperti terak, lemadang, atau ikan bandeng.
 
“Ikan bandeng menjadi pilihan terakhir kalau ikan laut memang benar-benar sulit didapatkan. Kalau ikan bandeng kan tidak mengenal musim, setiap saat ada,” pungkas Nur Hikmawati.
 

(RRN)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi