Sejumlah Sekolah di Gunungkidul akan Digabung

Ahmad Mustaqim 22 Oktober 2018 18:30 WIB
sekolah
Sejumlah Sekolah di Gunungkidul akan Digabung
Ilustrasi Medcom.id/ Mohammad Rizal.
Yogyakarta: Dinas Pendidikan Gunungkidul akan menggabungkan (regrouping) sejumlah sekolah negeri. Salah satu pertimbangannya demi efisiensi dan efektivitas.

Kepala Dinas Pendidikan Gunungkidul, Bahron Rosyid mengatakan, sejumlah sekolah dasar (SD) akan menjadi langkah awal dalam penggabungan. Menurut Bahron, jumlah SD di Gunungkidul terlalu banyak.

"Selain Wonosari, ada sejumlah daerah lain yang jumlahnya (SD) banyak," kata Bahron saat dihubungi, Senin, 22 Oktober 2018.


Bahron menjelaskan, di Kecamatan Wonosari ada sebanyak 45 sekolah. Sementara, jumlah idealnya sekitar 30 hingga 35 SD. Jumlah terlalu banyak tersebut juga membuat pengeluaran terlalu besar.

Selain banyaknya sekolah, kata Bahron, juga didasarkan jumlah siswa yang tidak sesuai dengan yang disyaratkan pemerintah. Ada sejumlah sekolah yang jumlah siswanya di bawah 20 orang. 

Bahron memperkirakan, akan ada 15 persen SD yang digabungkan. Total, ada sebanyak 486 SD di Gunungkidul, yang terdiri dari 431 berstatus negeri dan 55 swasta.

Bahron juga mengatakan, jarak sekolah terdekat dengan siswa yang digabungkan juga akan dipertimbangkan. "Kami masih membahasnya, termasuk kapan pelaksanaannya," ungkap Bahron.



(DEN)

Dapatkan berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

Powered by Medcom.id