Densus 88 Tangkap Terduga Teroris di Karanganyar
Penggeledahan rumah terduga teroris di Karanganyar, Jateng, Senin, 4 Juni 2018. (Medcom.id/Pythag Kurniati)
Karanganyar: Tim Detasemen Khusus 88 Antiteror menangkap terduga teroris berinisial BW, 41, Senin pagi, 4 Juni 2018. Usai penangkapan, di hari yang sama dilakukan penggeledahan di rumah terduga teroris.

Pantauan Medcom.id, penggeledahan dilakukan di Desa Jatikuwung, Kecamatan Gondangrejo, Kabupaten Karanganyar, Jawa Tengah. Sejumlah pasukan berseragam lengkap tampak berjaga. Sementara, garis polisi dipasang di sekitar lokasi.

Kapolres Karanganyar AKBP Henik Maryanto mengemukakan, BW saat ini telah diamankan. "Penangkapannya tadi pagi di wilayah Surakarta," ungkap Henik kepada wartawan, Senin, 4 Juni 2018.


Dia mengungkap, BW diduga terlibat dalam pelemparan bom molotov di sebuah minimarket di Solo, Jawa Tengah pada dua tahun lalu. Ia juga diduga ikut serta dalam aksi teror di sebuah restoran di Solo Baru, Sukoharjo, Jawa Tengah beberapa tahun lalu.

"Yang bersangkutan ini juga termasuk dalam jaringan JAD," tutur Henik. Namun Henik mengaku, belum mengetahui barang-barang apa saja yang disita dari rumah BW.

Sementara kerabat BW, Suprihatin, 53 mengaku tidak menyangka saudaranya tersebut diduga terlibat dalam aksi teror. BW sehari-hari bekerja sebagai pencari rongsokan, kata dia, tidak pernah melakukan hal-hal yang mencurigakan.

"Selama ini baik-baik saja. Memang cenderung pendiam, namun kalau ada kerja bakti pasti ikut," beber dia.




(LDS)