Ilustrasi penukaran uang. (MI/Ramdani)
Ilustrasi penukaran uang. (MI/Ramdani) (Pythag Kurniati)

Penukaran Uang di Solo Wajib Mencelupkan Jari

penukaran uang Ramadan 2018
Pythag Kurniati • 19 Mei 2018 16:11
Solo: Kantor Perwakilan Bank Indonesia Solo menginisiasi mekanisme baru saat penukaran uang menjelang Lebaran. Masyarakat diminta untuk mencelupkan jari kelingking ke tinta, saat menukarkan uang pecahan baru.
 
Kepala Perwakilan Bank Indonesia Solo, Bandoe Widiarto, mengemukakan mekanisme tersebut baru diberlakukan tahun ini. Kebijakan diterapkan agar penukaran uang pecahan baru lebih tepat sasaran dan merata.
 
Berkaca dari tahun sebelumnya, ada masyarakat yang berulang-ulang menukarkan uang pecahan. Dengan mekanisme baru ini, bank yang melayani penukaran uang pecahan mampu mendeteksi. 

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Jadi misalnya, kemarin sudah menukar di Bank X kemudian di hari yang sama, orang yang sama menukar lagi di Bank Y. Kita menghindari dominasi yang seperti itu," ungkap Bandoe kepada wartawan, Sabtu, 19 Mei 2018.
 
Selain memberlakukan mekanisme pencelupan kelingking, BI Solo juga memberlakukan syarat lainnya dalam penukaran uang pecahan. "Saat menukarkan uang, kita lakukan juga screening KTP," papar dia.
 
Tahun ini batas maksimal penukaran uang pecahan kecil per orang adalah Rp4,4 juta. Rinciannya, uang pecahan Rp20 ribu sebanyak Rp2 juta, uang pecahan Rp10ribu sebanyak Rp1 juta, uang pecahan Rp5ribu sebanyak Rp1juta.
 
"Kemudian uang pecahan Rp2 ribu sebanyak Rp400 ribu," tutur Bandoe.
 

(LDS)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif