Tiga Nelayan Dikabarkan Hilang di Perairan Pulau Panjang
Petugas gabungan sedang melakukan pencarian terhadap tiga nelayan yang hilang di perairan Pulau Panjang Jepara, Jawa Tengah, Rabu, 8 Agustus 2018. Medcom.id/ Rhobi Shani.
Jepara: Tiga nelayan dikabarkan hilang di perairan Pulau Panjang Jepara, Jawa Tengah sejak Senin, 6 Agustus 2018. Tim Basarnas SAR Jepara dan Badan Penanggulangan Bencana daerah (BPBD) Kabupaten Jepara sedang melakukan pencarian tiga nelayan tersebut.

"Kami baru menerima laporan kemarin, Selasa, 7 Agustus 2018, dari Dwiyanto selaku Ketua Kelompok Nelayan Pantai Pailus. Saat itu juga kami langsung melakukan pencarian," kata Koordinator Basarnas pos SAR Jepara, Wisnu Yugo Utomo saat dikonfirmasi, Rabu, 8 Agustus 2018.

Wisnu menjelaskan, tiga nelayan tersebut adalah Bambang, warga Blebak RT34 RW07 Desa Sekuro, Soleh warga RT2 RW5 Desa Srobyong, dan Senijan warga RT7 RW3 Desa Karang Gondang RT.07/03 Kecamatan Mlonggo.


Tiga nelayan tersebut berangkat melaut pada Sabtu, 4 Agustus 2018, dari pantai Pailus Desa Karanggondang. Kapal yang digunakan melaut yaitu, kapal kayu Sri Rejeki 01, milik Joko Pramono, warga RT5 RW2 Desa Srobyong kecamatan Mlonggo.

Wisnu kembali mengatakan, proses pencarian dilakukan dengan menyisir wilayah perairan pulau Panjang dengan Riget inflatable boat. Namun hasilnya masih nihil.

"Kami juga sudah koordinasi dengan Pos Semarang untuk disampaikan kepada nelayan yang kebetulan melintas untuk memberikan pertolongan jika menemukan tiga nelayan ini," ungkap Wisnu.

Selain tim SAR gabungan dan relawan, para nelayan juga turut serta dalam pencarian. Priyo Santoso, nelayan dari Bondo berharap rekannya bisa segera ditemukan.

"Mudah-mudahan dapat segera ditemukan. Kami biasanya menyandarkan kapal di pantai Pailus. Teman-teman nelayan lainnya juga sudah kami beritahu untuk sama-sama ikut mencari," ungkap Priyo.

Saat ini kondisi perairan pulau Panjang cukup bagus. Ketinggian gelombang tidak lebih dari satu meter. Kondisi langit berawan. Angin berembus dari timur laut ke arah utara dengan kecepatan kurang dari 15 knot.



(DEN)