FT UGM Prihatin Pelaku Pemerkosaan Dipersekusi di Sosial Media

Patricia Vicka 22 November 2018 19:08 WIB
pemerkosaan
FT UGM Prihatin Pelaku Pemerkosaan Dipersekusi di Sosial Media
Dekan Fakultas Teknik UGM, Nizam, Medcom.id - Vicka
Yogyakarta: H, pelaku pemerkosaan terhadap mahasiswi Universitas Gajah Mada (UGM) Yogyakarta, menjadi korban persekusi di dunia maya. Caci maki dilemparkan ke akun sosial media milik H.

Dekan Fakultas Teknik (FT) UGM Nizam mengaku mendapat keluhan tersebut. H merupakan pelaku pemerkosaan terhadap mahasiswi berinisial N.

"Tentunya saya prihatin. Sebab tindakan persekusi itu tak dibenarkan walaupun seseorang berbuat salah," ungkap Nizam usai memberi keterangan pada Ombudsman RI perwakilan DIY di Kantor Dekanat Fakultas Teknik UGM, Kamis 22 November 2018.


Nizam mengatakan pihak kampus belum melakukan tindakan apapun terhadap H, termasuk mengeluarkan yang bersangkutan dari UGM. Sebab, kampus tak ingin gegabah. Sebaliknya, kampus memberikan pendampingan psikologi pada pelaku.

"Jadi kami serahkan penanganan kasus ke tim investigasi kampus," lanjut Nizam.

Sementara itu UGM menjatuhkan sanksi kepada H. Sedianya H menjalani wisuda pada November 2018 setelah menuntaskan masa perkuliahan selama empat tahun. Namun, H tidak bisa mengikuti prosesi wisuda. Sebab Rektor UGM Panut Mulyono menjatuhkan sanksi menunda prosesi wisuda untuk H selama satu semester.

Kasus itu terungkap dalam laporan Badan Penerbitan Pers Mahasiswa (BPPM) Balairung UGM. H dituduh memerkosa korban N saat keduanya mengikuti kuliah kerja nyata (KKN) di Maluku pada 2017.
 
Kasus pemerkosaan HS terhadap AN mendapat perhatian civitas akademika UGM. Puluhan mahasiswa di Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (FISIP) UGM menggelar aksi dukungan kepada N, pada Kamis, 8 November 2018.




(RRN)

Dapatkan berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

Powered by Medcom.id