Rapat Pleno Rekapitulasi se DIY di JEC, Bantul DIY
Rapat Pleno Rekapitulasi se DIY di JEC, Bantul DIY (Patricia Vicka)

Rekapitulasi Provinsi DIY Ditunda

kampanye pileg pilpres 2019 pemilu serentak 2019
Patricia Vicka • 08 Mei 2019 19:25
Bantul: Rapat Pleno rekapitulasi terbuka Komisi Pemilihan Umum Daerah Istimewa Yogyakarta ditunda hingga Jumat, 10 Mei 2019.  Penundaan disebabkan belum rampungnya rekapitulasi di Kabupaten Sleman. 
 
Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) DIY, Hamdan Kurniawan mengatakan pihaknya memberi jeda waktu dua hari agar KPU Sleman bisa berkonsentrasi menyelesaikan rekapitulasi.
 
"Kalau dipaksakan besok (Kamis 9 Mei) kami khawatir rekapitulasi Sleman belum selesai. Disatu sisi kami tidak bisa mulai pleno kalau tidak kotak suara dari Sleman," ujarnya di lokasi rekapitulasi di Jogja Expo Center di Bantul, DIY, Rabu 8 Mei 2019.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Proses rekapitulasi di Kabupaten Sleman, lanjut Hamdan menemui kendala. Lantaran adanya keberatan dari Partai Persatuan Pembangunan (PPP). Keberatan diutarakan akibat adanya perbedaan perolehan suara pada surat suara DPRD Kabupaten.
 
“Akhirnya KPU Sleman melakukan perhitungan ulang. Sampai buka plano juga. Karena memang mekanisme harus terbuka, ketika ada keberatan dari peserta Pemilu dan bisa menunjukkan data, KPU harus lakukan pembetulan selama disetujui Bawaslu," jelasnya.
 
Walaupun diundur Hamdan menegaskan proses ini tidak melanggar peraturan yang ada. KPU RI memberi tenggat waktu hingga 12 Mei untuk menyelesaikan proses rekapitulasi ditingkat provinsi. 
 
Ia optimis proses rekapitulasi di tingkat provinsi bisa rampung pada Jumat malam.
 

(ALB)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

MAGHRIB 17:47
DOWNLOAD JADWAL

Untuk Jakarta dan sekitarnya

  • IMSAK04:25
  • SUBUH04:35
  • DZUHUR11:53
  • ASHAR15:14
  • ISYA18:59

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif