Ratusan Napi di Tegal Rayakan Maulid Nabi
Sejumlah warga binaan Lapas Tegalandong, Slawi, Kabupaten Tegal memperingati Maulid Nabi Muhammad SAW di Masjid Lapas setempat, Minggu, 18 November 2018. (Medcom.id/Kuntoro Tayubi)
Tegal: Ratusan narapidana atau warga binaan di Lapas Tegalandong Kabupaten Tegal, Jawa Tengah, merayakan Maulid Nabi Besar Muhammad SAW di Masjid Lapas Tegalandong. Acara itu dihadiri sejumlah Anggota Forkopimda Kabupaten Tegal.

"Masjid ini tidak pernah sepi dari pagi sampai sore, karena ada pembinaan dari para santri," kata Kepala Lapas IIB Slawi, Kabupaten Tegal, Agus Prakosa, Minggu, 18 Nopember 2018.

Perayaan Maulid Nabi diawali dengan salawat nabi yang dipandu oleh sejumlah santri pondok pesantren Mambaul Hikmah Tegal. Suasana hikmat dan khusuk terlihat pada ratusan warga binaan yang mengenakan pakaian muslim. Mereka tidak  terlihat sebagai warga binaan yang sedang menjalani masa hukuman.


Pihak lapas menggandeng pondok pesantren Mambaul Hikmah pimpinan KH Sulthon untuk kegiatan tersebut. Bahkan, para santri dari pondok pesantren itu juga rutin memberikan pembinaan kepada warga binaan di Lapas Tegalandong.

Agus menjelaskan, perayaan Maulid Nabi adalah salah satu bentuk pembinaan untuk mempertebal iman dan takwa para warga binaan. Dalam acara tersebut, penceramah juga menekankan tentang suritauladan Nabi Muhammad dalam kehidupan bermasyarakat.

"Semoga ini bisa menjadi bekal warga binaan selama menjalani hukuman dan saat keluar dari Lapas," harap Agus.

Warga binaan di Lapas Tegalandong saat ini sebanyak 333 orang. Dari jumlah itu, sebanyak 55 orang berstatus tahanan, dan sisanya narapidana.



(DEN)

Dapatkan berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

Powered by Medcom.id