Sri Sultan HB X dan Wakil Gubernur Sri Paduka Paku Alam X. Foto: Medcom.id/Patricia Vicka
Sri Sultan HB X dan Wakil Gubernur Sri Paduka Paku Alam X. Foto: Medcom.id/Patricia Vicka (Patricia Vicka)

Sultan HB X Nilai Idulfitri Momen Mempererat Persaudaraan

lebaran idul fitri
Patricia Vicka • 05 Juni 2019 11:15
Yogyakarta: Gubernur Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) Sri Sultan Hamengkubuwono X menyampaikan pesan khusus Idulfitri kepada masyarakat. Raja Yogyakarta menilai, Idulfitri adalah momen yang paling tepat untuk merekatkan kembali persaudaraan bangsa.
 
Sri Sultan Sri Sultan HB X mengatakan, Idulfitri bukan sekadar merayakan kegembiraan. Tapi menandai lembar kehidupan baru, untuk memasuki gerbang pintu maaf dan menyejukkan kedamaian. 
 
"Marilah kita mempererat kembali tali silaturahmi antar anak bangsa," kata Sri Sultan HB X, Rabu, 5 Juni 2019.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Dia melanjutkan, Lebaran merupakan momen tepat  untuk merajut kembali benang-benang rahmatan lil alamin untuk menguatkan kohesi sosial. Tujuannya agar terbangun kembali semangat guyub rukun antar warga.
 
"Kata penuh amarah dan kebencian membuat hati kita gundah penuh kebencian. Kata sarat maaf membuat hati tercerahkan. Sehingga langkah kita ringan dalam mengetuk hati nurani untuk tabayun," ujar dia.
 
Raja Yogyakarta ini mengingatkan, bahwa Idulfitri tak sebatas kegiatan berjabat tangan dan saling memaafkan. Melainkan menjadi waktu tepat mengembangkan kebersamaan, dan kerja sama bersinergi membangun bangsa.
 
"Saling berbagi dan bersinergi dalam membangun peradaban yang bermartabat  untuk mengejar kemajuan bangsa-bangsa lain," pungkasnya.
 

(LDS)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif