Petugas kebersihan sedang menurunkan sampah terpilah di TPA Bandengan Kabupaten Jepara, Jawa Tengah.
Petugas kebersihan sedang menurunkan sampah terpilah di TPA Bandengan Kabupaten Jepara, Jawa Tengah. (Rhobi Shani)

Pemulung Dapat Berkah Sampah Lebaran

lebaran idul fitri
Rhobi Shani • 14 Juni 2019 13:55
Jepara: Selama musim libur Lebaran volume sampah di Kabupaten Jepara, Jawa Tengah meningkat 10 persen. Sampah didominasi sampah anorganik dari objek wisata. 
 
Kepala UPT TPA Jepara, Ashadi mengatakan, kenaikan pada saat libur Lebaran cukup banyak. Tiap hari, sebanyak 70 ton sampah masuk ke  ketiga tempat pembuangan akhir (TPA). Yaitu TPA Gemulung, TPA Krasak dan TPA Bandengan.
 
“Pada hari normal TPA Bandengan menerima sampah lebih kurang 42-50 ton per hari. TPA Gemulung mencapai 6- 7 ton, TPA Krasak per hari 7- 10 ton,” ujar Ashadi, Jumat, 14 Juni 2019.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Volume sampah yang meningkat selama libur Lebaran menjadi rezeki bagi pemulung. Seperti Dayat, pengumpul sampah di TPA Bandengan itu mengaku, dalam seminggu bisa mengumpulkan hingga lima ton sampah jenis plastik.
 
“Selama libur Lebaran saya sama teman-teman bisa mendapatkan lima ton sampah plastik. Itu saja belum saya pilih-pilih, masih di dalam karung-karung plastik,” kata Dayat.
 
Dengan banyaknya sampah plastik yang terkumpul, Dayat mengaku pendapatannya juga naik. Pada hari biasa, dia mengantongi Rp50 ribu per hari. Saat pasokan sampah melimpah, dia bisa mengantongi Rp75 ribu.
 
“Itu ya, hanya terjadi saat lebaran seperti ini. Kalau sudah selesai lebarannya ya sudah, selesai. Kalau biasanya saya hanya bisa mengumpulkan sampah sekitar tiga ton,” ungkap Dayat.
 
Untuk menanggulangi sampah yang berserakan petugas dari Dinas Lingkungan Hidup, menyiagakan ratusan personel. Pada momen khusus seperti ramadan tahun ini saja, sebanyak 147 petugas digerakan termasuk pembersih pantai atau coastal cleaner.
 

(ALB)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif