Wandi menunjukkan gambar putrinya, Refina Nadya Tiana. (Medcom.id-Ahmad Mustaqim)
Wandi menunjukkan gambar putrinya, Refina Nadya Tiana. (Medcom.id-Ahmad Mustaqim) (Ahmad Mustaqim)

Bocah di Sleman Diduga Diculik Teman Ibunya

penculikan anak
Ahmad Mustaqim • 21 Februari 2018 17:06
Sleman: Seorang bocah di Sleman, Refina Nadya Tiana, hilang diculik. Bocah PAUD berusia sekitar lima tahun tersebut diculik lelaki yang dikenal orang tuanya. 
 
Ibunda Refina, Mei Suprapti, mengatakan putrinya diculik orang bernama Suyono. Suprapti mengaku kenal dengan lelaki berusia 40 tahun itu. Suyono biasa menjadi juru parkir di kawasan wisata Malioboro. 
 
"Anak saya dibawa lari sejak Jumat (2 Februari 2018)," ujar Suprapti di kediamannya Padukuhan Guyangan, Desa Nogotirto, Kecamatan Gamping, Sleman, DI Yogyakarta pada Rabu, 21 Februari 2018. 

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Menurut dia, peristiwa itu terjadi saat dirinya menjemput anak pertamanya, Arifin Putra di SD Bangorejo Kota Yogyakarta. Ketika itu, Suyono meminta izin mengajak Refina untuk jalan-jalan dan membeli mainan dengan berkendara sepeda motor. 
 
Suprapti mengaku tak menaruh curiga ketika itu. Sebab, Suyono sudah ia kenal sejak 2012 dan berteman dengan suaminya. "Anak saya juga akrab (dengan Suyono)," katanya. 
 
Ia tak menyangka Suyono tega menculik anaknya. Suprapti sudah mencoba menghubungi nomor telepon Suyono, namun sudah tak aktif. Ia kemudian melaporkan kasus itu ke Polsek Tegalrejo pada Senin, 5 Februari 2018. 
 
Menurut dia, saat diajak Suyono, putrinya mengenakan baju kuning bergambar 'Hello Kitty' dan bersandal merah muda. Secara fisik, Refina memiliki gigi depan keropos, tinggi badan sekitar 100 sentimeter. 
 
"Polisi sempat mendeteksi (keberadaan) Suyono, tapi belum ada info baru," jelasnya. 
 
Ia menambahkan, Suyono sempat mengajaknya menikah meskipun sudah tahu bersuami. Namun, Suprapti menolak ajakan Suyono yang dianggap tidak pantas itu. 
 
Ia mengaku sempat memperoleh ancaman dari Suyono dan meminta dia menceraikan suaminya, Wandi. "Mungkin karena itu anak saya dibawa lari," ujarnya. 
 
Sementara itu, Wandi mengatakan sudah melakukan sejumlah langkah untuk mencari keberadaan putrinya, termasuk mendatangi saudara dan teman Suyono. Meski pun, hingga kini belum membuahkan hasil. 
 
"Anak saya mau ulang tahun bulan depan. Semoga segera bisa ketemu," katanya. 
 
Kepala Unit Reskrim Polsek Tegalrejo, AKP Suwanto, mengatakan pihaknya masih menyelidiki kasus tersebut. 
 
Dalam penelusuran lewat gawai pelaku, orang tersebut terakhir diketahui berada di Kendal, Jawa Tengah, beberapa hari yang lalu. 
 
"Masih kami selidiki. Belum ada titik terang. Untuk kasus ini, deliknya membawa lari anak di bawah umur," kata dia.
 

(ALB)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif