Bus Pencari jalan Pintas Ditilang
Operasi bus yang tidak sesuai jalur
Solo: Sebanyak 8 bus ditilang petugas gabungan di Kota Surakarta, Senin, 16 April 2018. ke-8 bus itu ditilang lantaran kedapatan tidak melalui jalur semestinya.

Kabid Lalu Lintas Dinas Perhubungan Kota Surakarta Ari Wibowo mengatakan, bus-bus tersebut mencari jalan pintas di jalur yang tidak seharusnya mereka lewati. Para sopir beralasan jalur biasanya sering terkena macet lantaran pembangunan jalan layang Manahan.

Sebenarnya, lanjut Ari, Dinas Perhubungan telah menyiapkan jalur untuk bus-bus AKDP maupun AKAP. Mereka diharuskan melalui rute Jalan Veteran-Jalan Bhayangkara-Jalan Radjiman kemudian Purwosari-Kerten-Terminal Tirtonadi.


“Tapi masih banyak yang bandel. Mereka cari jalan pintas sendiri yang tidak sesuai jalur yang diatur,” kata Ari, Senin, 16 April 2018.

Para sopir, kata Ari, lebih memilih melewati jalan pintas dengan rute Jalan Veteran-Jalan Gatot Subroto-Jalan Diponegoro-Jalan S. Parman kemudian ke Terminal Tirtonadi.

KBO Satlantas Polresta Surakarta Ipda Bekti Sutriyani menegaskan menjatuhkan sanksi tegas pada sopir nakal yang mencari jalan pintas tak sesuai aturan. Sebab, mereka dinilai telah melanggar jalur trayek.

“Kami menyita SIM-nya,” kata Bekti.

Sementara, salah seorang sopir bus Indra mengaku belum mendapatkan sosialisasi secara lengkap mengenai larangan melalui jalur jalan pintas tersebut. “Kami lewat sini karena kalau biasanya banyak macet. Waktu kami tidak nyampai,” pungkas dia.



(ALB)