Kemendag Gelar Pasar Murah di 400 Titik di Indonesia

Pythag Kurniati 25 Mei 2018 10:22 WIB
pasar murah
Kemendag Gelar Pasar Murah di 400 Titik di Indonesia
Ilustrasi pasar murah. (ANT/Yulius Satria Wijaya)
Solo: Kementerian Perdagangan (Kemendag) menggelar pasar murah di 400 titik di Indonesia pada Ramadan kali ini. Jumlah tersebut naik dua kali lipat dibandingkan pada 2017 lalu.

"Tahun lalu hanya sekitar 200 titik (pasar murah) di Indonesia. Tahun ini ada kurang lebih 400 titik," ungkap Staf Khusus Menteri Perdagangan Bidang Hubungan Antarlembaga dan Peningkatan Sarana Perdagangan Kemendag Eva Yuliana saat menghadiri pasar murah di Pondok Pesantren Al-Muayyad Windan, Sukoharjo, Jumat, 25 Mei 2018.

Pada saat Ramadan, pasar murah mayoritas menyasar ke sejumlah pesantren di Indonesia. Jawa Eva melanjutkan, Jawa Tengah menjadi provinsi pertama digelarnya pasar murah. Selanjutnya pasar murah Kemendag akan digelar pula di provinsi-provinsi lainnya.


Eva menerangkan, dalam pelaksanaannya pasar murah Kemendag menggandeng perusahaan-perusahaan swasta. "Di 400 titik kami libatkan sekitar 40 perusahaan swasta untuk melaksanakan pasar murah," jelas dia. 

Di tiap titik pasar murah, Kemendag bersama perusahaan swasta menyiapkan 500 paket sembako. Antara lain berisi beras lima kilogram, gula dua kilogram, minyak goreng serta sirup.

Paket sembako senilai Rp120 ribu tersebut hanya dijual seharga Rp50 ribu. Adapun hasil penjualan akan disumbangkan untuk pengembangan pondok-pondok pesantren di Indonesia.

"Artinya semua manfaat dari pasar murah ini seluruhnya kembali ke masyarakat," imbuh dia.

Kegiatan pasar murah sekaligus digunakan oleh jajaran kemendag untuk memantau harga bahan pokok di daerah. "Kami tanya kepada masyarakat berapa harga bahan-bahan pokok jika beli di pasar," ujarnya. 

Sehingga jika terjadi lonjakan harga di daerah, Kemendag akan langsung mengambil langkah. Pasar murah di 400 titik digelar mulai tanggal 16 Mei 2018 hingga menjelang Hari Raya Idulfitri.



(LDS)

Dapatkan berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

Powered by Medcom.id