Jepara Sambut Baik Rencana Dana Kelurahan

Rhobi Shani 23 Oktober 2018 15:31 WIB
Dana Kelurahan
Jepara Sambut Baik Rencana Dana Kelurahan
Gapura selamat datang Jepara Bumi Kartini
Jepara: Pemerintah Kabupaten Jepara menyambut baik pengalokasian dana kepada seluruh kelurahan di Indonesia. Pengalokasian anggaran kelurahan diharapkan dapat membantu pemerintah kelurahan dalam memajukan wilayah dan masyarakat.

“Sejauh ini antara desa dengan kelurahan sudah setara, sebab kalau desa ada dana desa, kelurahan ditopang pemerintah kabupaten. Kalau ada (dana kelurahan, red.) tidak masalah,” kata Sekretaris Daerah Kabupaten Jepara, Sholih, Selasa 23 Oktober 2018.

Baca: Alasan Pemerintah Kucurkan Dana Kelurahan


Sholih melanjutkan, sejuah ini pemerintah kabupaten belum mendapat informasi resmi dari pemerintah pusat. Sholih sendiri tahu adanya rencana dana kelurahan dari pemberitaan di media.

“Secara resmi kami belum tahu teknis. Kami tahunya memang baru dari berita,” kata Sholih.

Baca: Menteri Tjahjo Sebut Dana Kelurahan Diatur UU

Terpisah, Kepala Kabid Penguatan Lembaga Masyarakat dan Desa, Ferry Yudha mengungkapkan, besar kemungkinan alokasi dana kelurahan langsung dikucurkan melalui kecamatan. Sebab, saat ini kelurahan merupakan perangkat kecamatan. 

“Kalau melihat strukturnya kelurahan bukan lewat kami karena dia (kelurahan) merupakan perangkat kecamatan. Jadi anggarannya masuk DPA kecamatan. Kala dana desa memang lewat kami,” terang Ferry.

Pemerintah mengalokasikan anggaran Rp3 triliun untuk dana kelurahan. Pengalokasian dana itu untuk mengurangi kemiskinan di perkotaan. Pengalokasian dana kelurahan ini telah dimasukan ke dalam RAPBN 2019. Anggaran dari pengalihan pos anggaran dana desa yang tadinya dianggarkan Rp73 triliun ke dana alokasi umum (DAU).



(ALB)

Dapatkan berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

Powered by Medcom.id