Mantan Wakil Gubernur Jateng Ditegur Bawaslu

Budi Arista Romadhoni 01 Desember 2018 10:01 WIB
pileg
Mantan Wakil Gubernur Jateng Ditegur Bawaslu
Semarang: Calon anggota legislatif DPR RI Daerah Pemilihan VII Jawa Tengah, Heru Sudjatmoko ditegur Bawaslu. Dia tepergok menyelipkan bahan kampanye saat menjadi pembicara dalam seminar pendidikan oleh PGRI Kabupaten Purbalingga. 

Koordinator Divisi Humas dan Hubungan Antar Lembaga Bawaslu Jateng, Rofiuddin menyebut, Heru melanggar Pasal 27 PKPU Nomor 23 Tahun 2018 tentang kampanye Pemilihan Umum Jo PKPU Nomor 28, PKPU Nomor 28 Tahun 2018 tentang Perubahan atas PKPU Nomor 23 Tahun 2018 jo PKPU RI Nomor 33 Tahun 2018 tentang Perubahan Kedua atas PKPU Nomor 23 Tahun 2018.

"Ini melanggar. Kejadian itu kita temukan pada 18 November lalu. Dalam keterangan Surat Tanda Terima Pemberitahuan (STTP) isinya hanya melampirkan seminar pendidikan," katanya di Semarang, Sabtu 1 Desember 2018. 


Ia menduga pelanggaran kampanye ini juga melibatkan seorang aparatur sipil negara (ASN). Oknum ASN diduga mefasilitasi tempat seminar pendidikan dalam rangka HUT PGRI yang dihadiri Mantan Wakil Gubernur Jawa Tengah tersebut.  

"Sudah kita minta keterangan, kegiatan itu ada dugaan Sarjono sebagai ASN terlibat aktif dalam proses persiapan, pemantapan, dan berikan fasilitas kepada caleg DPR RI dapil 7 Jateng," terangnya.

Menurutnya, saat acara berlangsung ditemukan terselip pesan-pesan kampanye secara verbal seperti ucapan mohon dukungan, penyebaran bahan kampanye, dan membagikan stiker.

"Kami merekomendasi ke KPU dan akan ditindaklanjuti perundang-undangan yang berlaku. Pastinya pak Heru akan dijatuhi pelanggaran administratif," ujarnya. 

Sementara itu, Sarjono sebagai Ketua PGRI Purbalingga melanggar Pasal 283 Ayat (1) dan Ayat (2) Undang-Undang Nomor 7 Tahun 2017 Tentang Pemilihan Umum yaitu Ayat (1). Adapun pejabat negara struktural, dan pejabat fungsional dalam jabatan negeri serta aparatur sipil negara lainnya dilarang mengadakan kegiatan yang mengarah kepada keberpihakan terhadap Peserta Pemilu sebelum, selama dan sesudah masa Kampanye" Ayat (2). 

Larangan sebagaimana dimaksud pada ayat (1) meliputi pertemuan terbatas, ajakan, imbauan, seruan atau pemberian barang kepada aparatur sipil negara dalam lingkungan unit kerjanya, anggota keluarga, dan masyarakat.

Untuk diketahui, Heru Sudjatmoko, merupakan Mantan Wakil Gubernur Jawa Tengah mendampingi Ganjar Pranowo, dan pernah menjabat sebagai Bupati Purbalingga. Kemudian saat ini, maju sebagai caleg DPR RI di Daerah Pemilihan (Dapil) VII Jawa Tengah yang meliputi Kabupaten Purbalingga, Banjarnegara dan Kebumen. 




(ALB)

Dapatkan berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

Powered by Medcom.id