Warga di bantu TNI membuat tanggul penahan tanah di lokasi rawan bencana longsor Pegunungan Salem, Brebes, Jawa Tengah, Minggu, 6 Januari 2019. (Medcom.id/Kuntoro Tayubi).
Warga di bantu TNI membuat tanggul penahan tanah di lokasi rawan bencana longsor Pegunungan Salem, Brebes, Jawa Tengah, Minggu, 6 Januari 2019. (Medcom.id/Kuntoro Tayubi). (Kuntoro Tayubi)

Pencegahan Korban Bencana di Gunung Salem

bencana alam
Kuntoro Tayubi • 06 Januari 2019 12:48
Brebes: Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Provinsi Jawa Tengah memasang EWS (Early Warning System) di tiga tempat berbeda di gunung Salem, Kabupaten Brebes. Di antaranya berlokasi di Bukit Labuan Bulan (mahkota longsoran), Dusun Jojogan, dan Dusun Nangka Gede. Sirine akan berbunyi apabila curah hujan lebat dan mendeteksi pergerakan tanah.
 
"Sirine EWS akan berbunyi jika terjadi pergerakan tanah di Labuan Bulan. Apabila bukit tersebut longsor, dampaknya akan menuju ke Dusun Jojogan, Cibuhun dan Nangka Gede," kata Dandim 0713/Brebes, Lektol Inf Faizal Amri di Salem, Brebes, Jawa Tengah, Minggu, 6 Januari 2018.
 
Saat sirine berbunyi, Faizal meminta warga menjauh dari titik rawan bencana. Begitupun di pedukuhan Nangka Gede yang sirine berbunyi saat hujan lebat, tanpa harus menunggu bunyi alarm pergeseran tanah yang berada di Dukuh labuhan dan Jojogan, warga diminta waspada dan mencari tempat aman.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Di Dukuh Jojogan, retakan terjadi dengan lebarnya 30 centimeter dan panjang 10 meter pada tebing setinggi 7 meter. Tujuh perumahan penduduk yang berisi dari 20 warga, perlu meningkatkan kewaspadaan karena tanah mudah terlepas di sekitar mahkota longsor lama.
 
"Longsor bisa terjadi sewaktu waktu, jika tebing tersebut terlalu banyak menyerap air di puncak musim penghujan Januari-Februari 2019," ungkap Faizal.
 
TNI bersama pemerintah setempat telah memetakan jalur dan tempat evakuasi mulai dari Dusun Cibuhun ke Cinangka dengan titik kumpul pertama di Balai Desa Pabuaran. Sedangkan titik kumpul kedua terletak di Masjid Nurul Huda Dusun, Desa Pasirpanjang.
 
"Untuk Helipad sudah disiapkan di dua Lapangan Sepak Bola, yaitu Pasirpanjang dan Pabuaran," beber Faizal.
 
Bencana tanah longsor terjadi di Desa Pasirpanjang, Kecamatan Salem, Kabupaten Brebes, Kamis, 22 Februari 2018, pukul 08.00 WIB. Jumlah korban meninggal 14 orang, 4 orang hilang, 4 orang luka-luka, dan 18 orang selamat.
 
Tanah longsor terjadi di hutan produksi milik Perhutani BKPH Salem Petak 26 RPH Babakan. Bencana itu menimpa sejumlah warga yang sedang mengolah lahan pertanian di dekat kawasan hutan tersebut.
 

(DEN)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif