Sekda Pemda DIY Gatot Saptadi. MEdcom.id
Sekda Pemda DIY Gatot Saptadi. MEdcom.id (Patricia Vicka)

Pantai Selatan Yogyakarta Bakal Disulap Seperti Nusa Dua Bali

pariwisata
Patricia Vicka • 15 Maret 2019 13:05
Yogyakarta: Pemerintah Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta berencana mengairahkan pariwisata di sepanjang pantai selatan Yogyakarta. Nantinya sepanjang kawasan ini akan disulap menyerupai pantai Nusa Dua di Bali.
 
Sekretaris Daerah Pemda DIY, Gatot Saptadi menjelaskan Pemda berencana mengembangkan kawasan industri khusus (KIK) Pariwisata Parangtritis. 
 
"Lokasinya di pantai Samas di Srigading, (Kabupaten Bantul). Mau kita gairahkan pariwisatanya,"kata Gatot pada Medcom.id di Yogyakarta Jumat 15 Maret 2019.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Saat ini di sekitar pantai Samas sudah dibangun sejumlah sarana dan prasarana pendukung pariwisata. Beberapa lokasi sudah menjadi destinasi wisata seperti di Pantai Goa Cemara. 
 
Dalam rencana pengembangan wilayah KIK, kawasan sekitar pantai akan dipercantik. Selain itu akan dibangun sejumlah destinasi wisata pendukung pantai. Salah satunya tetenger atau tugu peringatan.
 
Pemda juga akan mengajak investor untuk membangun hotel dan resort serta sarana pendukung lainnya. Pembangunan Infrastruktur ke lokasi pantai turut akan dikejar. 
 
Gatot menjelaskan lokasi calon KIK dilewati oleh jalan jalur lintas selatan (JJLS). Saat ini pembangunan JJLS yang melewati kabupaten Gunungkidul, kabupaten Bantul dan kulon Progo  hampir rampung.
 
Menurut Gatot, pengembangan KIK pariwisata ini bertujuan untuk meningkatkan kunjungan wisata ke Kabupaten Bantul. Diharapkan pariwisata yang bergairah turut akan meningkatkan perekonomian dan kesejahteraan masyarakat kabupaten Bantul. Selain itu juga untuk mendukung keberadaan bandara baru di Kabupaten Kulon Progo. 
 
"Pokoknya nanti akan kita tingkatkan sarana, prasarana dan infrastruktur ke destinasi wisata di KIK itu. Nanti kalau mau kesana bisa lewat JJLS,"tutur mantan Kepala BPBD DIY ini.
 

(ALB)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi