Juru bicara YIA, Agus Pandu Purnama (tengah) di Bandara Kulon Progo, Senin, 29 April 2019. Medcom.id-Ahmad Mustaqim.
Juru bicara YIA, Agus Pandu Purnama (tengah) di Bandara Kulon Progo, Senin, 29 April 2019. Medcom.id-Ahmad Mustaqim. (Ahmad Mustaqim)

Operasional Minimum Bandara Kulon Progo untuk Penerbangan Domestik

bandara
Ahmad Mustaqim • 29 April 2019 17:11
Kulon Progo: Bandara Internasional Yogyakarta atau Yogyakarta International Airport (YIA) di Kecamatan Temon, Kabupaten Kulon Progo, akan membuka operasional minimum untuk penerbangan domestik. Skema ini diubah dari rencana awal yang semula untuk penerbangan internasional. 
 
"Kebijakan kami berubah, dengan kesiapan maskapai domestik. Nanti kami yang pertama penerbangan domestik. Secara prinsip penerbangan domestik atau internasional kami sudah siap," kata juru bicara YIA, Agus Pandu Purnama di Bandara Kulon Progo, Senin, 29 April 2019. 
 
Agus menjelaskan, seluruh persiapan minimum operasional sudah selesai dilakukan. Meskipun, rencana operasional minimum yang diharapkan dibuka dengan penerbangan Presiden Joko Widodo batal dilakukan pada hari ini. 

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Secara prinsip, ucap Agus, PT Angkasa Pura I sudah menyiapkan untuk operasional 29 April 2019. Menurut dia, verifikasi bandara yang dilakukan sejumlah direktorat Kementerian Perhubungan; dari navigasi, penerbangan, hingga keamanan. 
 
"Hasil temuan direkomendasikan ke kami seluruhnya sudah dilaksanakan 13 April. Sudah lapor Dirjen Perhubungan Udara atau DJU. DJU sudah mengeluarkan sertifikat bandar udara (SBU) pada tanggal 26 April 2019 dengan nomor 149/SBU-DJU/IV/2019, untuk masa 5 tahun ke depan," jelas Agus.
 
Agus mengatakan, pengerjaan proyek bandara YIA secara keseluruhan sudah 53 persen. Di sisi lain, pemerintah lewat Peraturan Direktur Jenderal Perhubungan Udara Nomor 262 Tahun 2017 tentang Standar Teknis dan Operasional Peraturan Keselamatan Penerbangan Sipil Bagian, pengoperasionalan bandara bisa dilakukan paralel dengan batasan dan pengawasan selama penyelesaian proyek.
 
Artinya, kata dia, pada saat bandara operasi pelaksanaan pengerjaan bandara tetap dilaksanakan. Agus juga mengatakan PT Angkasa Pura juga sudah mendapatkan izin untuk penerbangan internasional. Hal ini berkaitan dengan sudah diterbitkan aeronoticon information publication (AIP) dan telah dipublikasikan.  
 
"Kami juga sudah mendapatkan izin dengan penerbitan kawasan pabean, operasional cargo, navigasi penerbangan, dan imigrasi. Secara umum kami telah melengkapi operasi penerbangan internasional. Namun, PT AP I setelah koordinasi dengan maskapai Pada 23 April, maskapai penerbangan internasional, kesiapannya dengan waktu delapan minggu," kata General Manager PT Angkasa Pura I Bandara Adisutjipto ini. 
 
Sejumlah fasilitas lain yang kata Agus sudah dipenuhi yakni pelayanan meteorological, pengisian bahan bakar, pelayanan kesehatan pelabuhan (airport), karantina, dan ground handling pelayanan transportasi. Seluruh fasilitas pendukung itu telah simulasikan pada 24 April 2019. 
 
Fasilitas pendukung berupa transportasi darat sebagai penopang, mulai dari kereta api, DAMRI (12 unit), danShuttle Qu (dari dan Purwokerto, Cilacap, Kebumen, dan Purworejo), serta taksi sebanyak 20 unit. 
 
"Artinya secara operasional kita sudah siap untuk Angkasa Pura I. Operasional ada kaitan dengan kesiapan maskapai," ujarnya. 
 
Vice President Aeronautical Bussines PT Angkasa Pura I, Rahadian D. Yogisworo menambahkan, pihaknya akan segera mengundang seluruh elemen pemilik maskapai penerbangan domestik. Pihaknya akan menyiapkan kerja sama promosi antara PT Angkasa Pura dengan maskapai. 
 
"Maskapai yang akan mendarat di YIA akan diikutkan di media promosi di seluruh bandara yang dikelola Angkasa Pura. Prinsipnya, kami mendorong pertumbuhan penerbangan di YIA," ujarnya.
 

(DEN)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

MAGHRIB 17:47
DOWNLOAD JADWAL

Untuk Jakarta dan sekitarnya

  • IMSAK04:25
  • SUBUH04:35
  • DZUHUR11:53
  • ASHAR15:14
  • ISYA19:00

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif