Penyerahan santunan secara simbolis dari Bawaslu ke ahli waris petugas pengawas TPS yang meninggal dunia di Solo
Penyerahan santunan secara simbolis dari Bawaslu ke ahli waris petugas pengawas TPS yang meninggal dunia di Solo (Pythag Kurniati)

Bawaslu Berikan Santunan Kematian Pengawas Pemilu di Solo

kampanye pileg pilpres 2019 pemilu serentak 2019
Pythag Kurniati • 14 Juni 2019 13:35
Solo: Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) menyerahkan santunan kepada keluarga pengawas Tempat Pemungutan Suara (TPS) di Solo yang meninggal dunia. Santunan diberikan sebesar Rp36 juta.
 
Penyerahan dilakukan oleh Kepala Sekretariat Bawaslu Provinsi Jawa Tengah, Kartini Tjandra Lestari di Kantor Bawaslu Solo, Jumat, 14 Juni 2019. Santunan diterima oleh ahli waris almarhum Agung Nugroho, Mela Siti Malikah, 32.
 
Untuk diketahui, Agung Nugroho merupakan petugas pengawas TPS di kampungnya, Karangasem RT 03 RW 04, Kecamatan Laweyan, Solo. Dia meninggal dunia pada 28 April 2019 karena penyakit leukimia serta kelelahan mengurusi pemilu.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Kartini menyebut hanya satu petugas Bawaslu yang meninggal pascapemilu di Solo. "Hanya satu orang, kami memberi santunan Rp36 juta," katanya usai penyerahan.
 
Adapun dana tersebut bersumber dari APBN Perubahan 2019. "Uang santunan sudah dikirim ke rekening ahli waris pada 31 Mei kemarin," ujarnya.
 
Dia mengatakan jumlah petugas pengawas pemilu meninggal di Jawa Tengah merupakan yang paling banyak dari 34 provinsi. Di Jateng ada 11 petugas yang meninggal.
 
"Ada 11 petugas pengawas meninggal di Jateng dari tujuh daerah. Ada di Purworejo, Kebumen, Blora, Brebes, Solo, Sukoharjo dan Tegal," kata dia.
 
Sementara itu, ahli waris mengucapkan terima kasih kepada Bawaslu atas santunan tersebut. Keluarga sebenarnya sudah mengikhlaskan kepergian Agung.
 
"Kami sekeluarga sudah ikhlas atas meninggalnya beliau. Uang santunan ini untuk biaya sekolah anak. Kami hanya minta agar pemerintah mengevaluasi pemilu ini," tutupnya.
 
 

(ALB)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif