Kudus Siapkan Rp32 Miliar untuk THR ASN
ilustrasi-medcom.id
Kudus: Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Kudus, Jawa Tengah,  menyiapkan Rp32,3 miliar untuk tunjangan hari raya (THR) atau gaji ke-14 aparatur sipil negara (ASN). Rencananya, THR akan dicairkan pada 7 Juni 2018.

Kepala Badan Pendapatan, Pengelolaan Keuangan, dan Aset Daerah (BPPKAD) Eko Djumartono melalui Kepala Bidang Perbendaharaan Is Yulianti menyampaikan, uang yang disediakan untuk keperluan THR ASN bersumber dari APBD Kabupaten Kudus. Ada 7.399 ASN yang akan menerima THR di Kota Kretek.

"Mengenai THR bagi yang sudah pensiun, itu tidak melalui kami, tapi langsung dari pusat,” terang Is Yulianti, Jumat 25 Mei 2018.


Is Yulianti melanjutkan, THR untuk ASN berupa gaji pokok, tunjangan keluarga, tunjangan tambahan, dan tunjangan penghasilan pegawai (TPP).

"Tidak ada tunjangan kinerja. Tunjangan kinerja hanya bagi pegawai di lembaga vertikal. Di Pemkab Kudus yang ada TPP,” terang Is Yulianti.

Dia mengatakan, kucuran dana miliaran rupiah untuk PNS itu berdasarakan Peraturan Pemerintah Nomor 19 Tahun 2018 tentang Tunjangan Hari Raya yang ditindaklanji dengan Permenkeu Nomor 54/PMK.05/2018.

Is menyampaikan, hitungan besaran THR  angka yang harus dikucurkan sebagai THR berdasarkan pengeluaran untuk gaji pada bulan sebelumnya. Namun hitungan tersebut tidak sepenuhnya, karena ada beberapa komposisi akumulasi gaji yang tidak diterima oleh pegawai saat THR diberikan.

“Kami harus tetap koordinasi dengan badan kepegawaian, sistem penggajian nanti yang mengatur badan kepegawaian,” pungkas Is Yulianti.



(LDS)

Dapatkan berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

Powered by Medcom.id