Ilustrasi. Medcom.id/Rakhmat Riyandi
Ilustrasi. Medcom.id/Rakhmat Riyandi (Patricia Vicka)

Kuota SMP di Sleman Dijamin Tampung Lulusan SD

PPDB 2019
Patricia Vicka • 19 Juni 2019 20:12
Sleman: Pendaftaran Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) Sekolah Menengah Pertama (SMP) di Kabupaten Sleman DIY dimulai pekan depan dari 28 Juni-2 Juli 2019. Dinas Pendidikan Kabupaten Sleman memastikan kuota bangku SMP mampu menampung lulusan siswa sekolah dasar (SD).
 
"Lulusan SD semuanya bisa tertampung di SMP negeri dan swasta," tegas Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Sleman, Sri Wantini di Sleman, Rabu 19 Juni 2019.
 
Wantini menjelaskan total daya tampung seluruh SMP adalah 16.895 siswa. Rinciannya terdiri dari SMP Negeri 8.032 siswa, SMP swasta 5760 orang, Madrasah Tsanawiyah (Mts) Negeri 864 siswa dan MTs swasta 2.240 siswa.  

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Wantini menambahkan sistem penerimaan siswa baru tingkat SMP tidak jauh berbeda dengan tingkat SD. Seluruh pendaftaran PPDB SMP akan menggunakan sistem daring. Siswan dan orang tua siswa harus mempelajari seluruh prasyarat dan prosedur pendaftaran.
 
"Pendaftaran PPDB online memerlukan username khusus dari dinas pendidikan. Calon siswa wajib mengajukan akun yang akan digunakan untuk mendaftar online,"katanya.
 
Pengajuan akun untuk PPDB SMP akan dilayani pada 28 hingga 29 Juni 2019. Ada tiga jalur penerimaan siswa baru yakni jalur zonasi umum, jalur Zonasi KK miskin khusus pemegang kartu keluarga miskin atau KKM, serta jalur zonasi qanak berkebutuhan khusus (ABK).
 
Zonasi umum memiliki kuota 90 persen dari daya tampung sekolah, Zonasi KK miskin sebesar 10 persen dan zonasi ABK adalah 3 persen dari jalur zonasi.
 
Zonasi umum pertama menggunakan zonasi tempat tinggal radius 0 sampai 200 meter. Kedua adalah zonasi pertama yang berada di dalam lingkup satu desa. Terakhir adalah zonasi kedua berada dalam lingkup satu Kabupaten.
 
"Kalau rumah calon siswa masih radius 200 meter dari sekolah dapat 500 poin. Kalau daftar ke sekolah negeri yang satu desa, dapet 100 poin. Sementara kalau daftar di sekolah yang berada di luar desanya,dapat 30 poin. Makin tinggi point, kesempatan diterima makin besar," jelasnya.
 
Pada pendaftaran PPDB SMP, nilai hasil USBN SD dan sederajat serta prestasi akademik ataupun non akademik calon siswa juga menjadi penentu peringkat dalam seleksi PPDB SMP.
 
Usai mendaftar, calon siswa wajib melakukan verifikasi berkas. pengumpulan akan berlangsung pada tanggal 1, 2, dan 3 Juli 2019.
 
"Berkas persyaratan PPDB SMP negeri adalah sertifikat hasil USBN SD dan fotokopinya, lalu fotokopi akte kelahiran, fotokopi KTP kartu keluarga,"pungkasnya.
 

(SUR)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif